Perawatan Harian yang Wajib untuk Kucing

Ketika catlovers sudah memutuskan untuk memelihara kucing, maka catlovers pasti harus memberikan perawatan pada kucing yang dipelihara tersebut. Perawatan yang harus diberikan pada kucing sendiri sangatlah bervariasi mulai dari perawatan wajib dan juga beberapa perawatan tambahan yang diperlukan kucing.

Perawatan kucing tersebut merupakan kegiatan sederhana yang harus dilakukan secara teratur. Kegiatan yang dilakukan ini akan sangat memiliki peran penting untuk kesehatan kucing, jadi beberapa kegiatan yang terkait juga membutuhkan kucing untuk terbiasa. Kebiasaan ini pun sebaiknya dilakukan sejak dini, dengan begitu untuk kedepannya beberapa perawatan akan lebih mudah untuk dilakukan.

Cara Merawat Kucing Harian

Apabila segala perawatan ini dilakukan dengan baik pada kucing sejak dini, maka otomatis kucing akan terbiasa dan tidak merasa terganggu. Beberapa kucing memiliki kepribadian yang berbeda, ada yang aktif dan suka bermain kesana kemari, dan juga ada yang pendiam dan lebih suka untuk bermalas-malasan.

Dalam memberikan perawatan kucing, ada perawatan yang wajib dilakukan setiap harinya. Beberapa perawatan tersebut mungkin tidak diketahui oleh catlovers pemula, jadi pada artikel ini akan dibahas mengenai perawatan harian untuk kucing. Beberapa kucing yang belum terbiasa mungkin akan merasa tidak nyaman, namun catlovers harus sabar ya untuk membuat mereka menjadi terbiasa dengan perawatan yang diberikan.

Perawatan Wajib untuk Kucing Peliharaan Setiap Hari

Untuk catlovers yang tidak memiliki pengalaman dalam merawat kucing, maka hal yang perlu catlovers ketahui adalah merawat kucing itu tidak mudah. Meski begitu, ketika catlovers memiliki komitmen hal ini akan menjadi lebih mudah seiring waktu, jadi nikmatilah merawat anak bulu catlovers. Beberapa perawatan wajib untuk kucing adalah:

Makan dan Minum

Memberikan kucing makan dan juga minum merupakan kewajiban dari orang yang memelihara kucing dan tentu saja hal ini harus dilakukan setiap hari. Memberikan makanan berkualitas pada kucing akan membantu kucing memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, jika kebutuhan nutrisi ini terpenuhi maka kucing akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tidak mudah sakit.

Makanan dan Minuman untuk Kucing

Makanan yang bisa diberikan pada kucing sendiri sangatlah bervariasi, jadi sesuaikan makanan yang diberikan untuk kucing catlovers semuanya. Misalkan makanan untuk kucing yang masih kecil (kitten atau kucing dibawah 12 bulan) akan berbeda dengan makanan kucing yang sudah dewasa.

Begitu juga makanan kucing yang berbulu panjang akan lebih baik diberikan yang khusus karena hal itu akan membuat kesehatan bulunya menjadi lebih bagus. Jika kucing berbulu panjang diberikan makanan kucing berbulu pendek, hal ini sebenarnya tidak masalah. Namun, hasil yang didapatkan hanya biasa saja dan kurang maksimal karena kebutuhan nutrisi untuk bulunya sudah pasti berbeda.

Usahakan untuk membersihkan tempat makan dan juga minum setiap hari, hal ini dilakukan untuk mencegah kucing terkena bakteri dari tempat makan yang kotor dan mengalami masalah pencernaan. Lebih baik catlovers memiliki cadangan tempat makan dan juga minum, sehingga ketika satunya dibersihkan masih ada yang bisa digunakan.

Baca Juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Kucing yang Masih Kecil

Apabila catlovers lebih memilih makanan kering (dry food) sebagai makanan utama kucing peliharaan, maka catlovers harus menyediakan asupan air bersih yang cukup untuk kucing. Kandungan air yang ada dalam dry food sangatlah sedikit jika dibandingkan dengan makanan basah, karena itu jumlah air yang dibutuhkan juga tentu lebih banyak.

Jika membahas mengenai kucing liar, mungkin catlovers mengira mereka jarang untuk mendapatkan air minum. Namun sebenarnya dalam hal ini, asupan air mereka sudah tercukupi dari daging mangsa mereka. Sama hal ny dengan makanan basah (wet food), daging mangsa kucing liar ini juga mengandung banyak kandungan air didalamnya.

Kucing sendiri sebenarnya lebih menyukai minum dari air yang mengalir daripada dari wadahnya, karena itulah beberapa produk seperti water fountain muncul untuk membuat kucing lebih menyukai sensasi yang diberikan. Hal yang jelas adalah sediakan selalu air bersih untuk kucing, ganti air ketika mulai terlihat kotor untuk menghindari kucing terkena bakteri dari kotoran tersebut.

Membersihkan Litter box

Salah satu hal yang wajib dilakukan setiap hari dan sangat berpengaruh pada kesehatan kucing adalah membersihkan litter box yang mereka gunakan. Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat suka dengan kebersihan, karena hal inilah maka menjaga kebersihan litter box harus dilakukan supaya mereka mau menggunakannya.

Litter box yang umum digunakan adalah bak kotak plastik yang berukuran kecil dan muat dimasukkan kedalam kandang. Namun ada juga litter box khusus yang bisa catlovers gunakan dengan berbagai macam model dengan harga yang lebih mahal. Pada dasarnya semua litter box akan sama saja karena fungsinya adalah menampung kotoran kucing.

Cara Membersihkan Litter Box Kucing

Pasir yang digunakan untuk mengisi litter box juga ada beberapa jenis, namun yang umum adalah pasir cuci dan pasir gumpal. Pasir gumpal untuk kucing lebih mudah digunakan karena ada aroma yang bisa meredam bau kotoran kucing dengan baik dan juga kotoran kucing yang dikeluarkan akan menggumpal dengan pasir sesuai dengan namanya.

Dengan segala kelebihannya, harga pasir gumpal memang agak lebih mahal dan tidak bisa digunakan ulang karena harus dibuang setelah kualitas pasir menurun. Sedangkan untuk pasir cuci, pasir ini bisa digunakan berkali-kali sampai pasir habis, harganya juga jauh lebih murah dan cocok untuk digunakan oleh orang yang memelihara kucing dalam jumlah banyak.

Baca Juga : Review Penggunaan Pasir Gumpal Lunatic Kucing

Tugas harian untuk catlovers yang harus dilakukan adalah membersihkan kotoran yang ada pada litter box ini setiap hari. Jika menggunakan pasir gum[al maka segalanya akan lebih praktis, namun jika catlovers menggunakan pasir cuci maka catlovers harus mencuci pasir setiap hari dan menjemur pasir supaya bisa digunakan kembali.

Ketika litter box ini tidak dibersihkan setiap hari, maka tentu saja kotoran yang ada akan menumpuk dan hal ini bisa menyebabkan penyakit untuk kucing. Selain itu ada kemungkinan kucing tidak akan mau menggunakan litter box karena terlalu kotor dan membuang kotorannya sembarangan.

Menjaga Kebersihan Mata

Hal yang dimaksudkan disini bukan mata kucing bagian tengah atau bola matanya, melainkan sela mata kucing yang biasanya sering ada kotorannya. Bagian sela mata kucing memang mudah sekali untuk kotor, apalagi untuk beberapa jenis ras kucing tertentu seperti kucing persia yang sering mengeluarkan banyak air mata.

Menjaga kebersihan bagian mata kucing yang satu ini merupakan tugas catlovers setiap hari. Meski bagian ini tidak akan kotor setiap hari, namun catlovers harus tetap memperhatikan bagian sela mata kucing. Jika bagian sela mata kucing terlihat ada kotoran maka segera bersihkan, dan jika tidak catlovers bisa membiarkannya.

Baca Juga : Beberapa Hal yang Menyebabkan Mata Kucing Berair

Kotoran yang ada di sela mata kucing ini disebabkan karena air mata yang keluar, namun ada juga penyebab lain yang bisa membuat mata kucing menjadi berair dan menimbulkan kotoran. Beberapa virus juga bisa menyebabkan mata kucing kotor secara berlebihan, karena itu catlovers semuanya harus tetap waspada.

Mengajak Kucing Bermain

Sama halnya dengan manusia, kucing juga butuh hiburan untuk membuat mereka bahagia dan tidak stress. Ketika kucing stress, maka kucing akan bertingkah agak aneh dan bahkan juga bisa berpengaruh pada kesehatan mereka, jadi catlovers tidak boleh membiarkan hal seperti ini terjadi pada kucing yang ada dirumah.

Mengajak Kucing untuk Bermain

Mengajak kucing bermain selain bisa mennghibur kucing dan juga mencegah kucing stress, hal ini juga bisa menjalin ikatan antara kucing dengan pemiliknya. Ketika ikatan ini menjadi kuat, maka kucing akan menjadi semakin menurut dengan pemiliknya karena mereka terbiasa dengan gerakan dan juga intruksi yang pemiliknya berikan.

Baca Juga : Rekomendasi Vitamin dan Suplemen Kucing Murah

Bermain dengan kucing tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup luangkan waktu untuk sekedar bercanda dengan kucing. Jika catlovers tidak memiliki waktu setiap hari, maka disarankan untuk memberikan kucing beberapa mainan. Dengan memberikan mainan pada kucing maka ketika catlovers tidak bisa mengajak bermain, kucing akan bermain dengan mainan yang catlovers berikan.

Memandikan Kucing

Memandikan kucing sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan kucing, kesehatan kulit dan juga bulu mereka serta membersihkan tubuh kucing dari kemungkinan bakteri atau virus yang menempel.. Memandikan kucing memang tidak perlu dilakukan setiap hari, namun hal ini merupakan hal yang wajib catlovers lakukan pada kucing peliharaan.

Cara Memandikan Kucing Peliharaan

Pada saat memandikan kucing, sebaiknya catlovers menggunakan shampo khusus yang diformulasikan untuk kucing. Shampo untuk kucing sendiri sangatlah bervariasi dan memiliki kegunaan masing-masing, beberapa kegunaan tersebut antara lain adalah menjaga kesehatan kulit, mengurangi kerontokan bulu, jamur, kutu, khusus untuk bulu putih dan masih banyak yang lain.

Beberapa shampo yang digunakan untuk manusia memang bisa digunakan pada kucing, namun ada kemungkinan resiko yang bisa terjadi. Memandikan kucing mungkin akan sulit pada awalnya, namun ketika kucing sudah terbiasa maka hal ini akan menjadi lebih mudah.

Sebaiknya memandikan kucing dilakukan sejak dini, dengan begitu kucing akan terbiasa dari awal. Pada saat pertama kali memandikan kucing, catlovers bisa menggunakan air hangat supaya kucing lebih tenang. Bersihkan seluruh tubuh kucing dengan teliti dan menyeluruh supaya hasil yang didapatkan maksimal.

Membersihkan Gigi Kucing

Mungkin kebanyakan catlovers yang menbaca blog ini sangat banyak yang tidak membersihkan gigi kucing peliharaannya. Hal ini mungkin dikarenakan catlovers merasa sulit melakukannya dan bahkan ada juga yang menganggap ini bukanlah hal yang penting untuk dilakukan.

Baca Juga : Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Membersihkan gigi kucing berguna untuk mencegah pembentukan karang pada gigi kucing, selain itu hal ini juga mengurangi resiko kucing untuk terkena penyakit periodontal (infeksi gusi) yang sering terjadi pada kucing. Mulailah untuk membiasakan kucing untuk dibersihkan giginya, meski pada awalnya sulit untuk dilakukan,

Kucing yang tidak pernah dibersihkan giginya pasti akan memberontak, namun ketika mereka sudah terbiasa maka kucing akan menurut dan mudah untuk dilakukan. Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk kucing peliharaan, catlovers bisa membelinya di petshop atau marketplace online yang tersedia.

Membersihkan Telinga Kucing

Menjaga kebersihan telinga kucing juga merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan. Telinga kucing yang jarang dibersihkan akan membuat kotoran pada telinga semakin menumpuk. Ketika kotoran ini terus menumpuk dan tidak dibersihkan maka akan ada kemungkinan infeksi yang bisa terjadi.

Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi jika telinga kucing tidak pernah dibersihkan adalah:

  • Kotoran yang ada dalam telinga akan semakin banyak
  • Telinga kucing mengeluarkan bau tidak sedap
  • Kemungkinan terjadi infeksi pada telinga kucing
  • Kucing menggaruk telinga secara berlebihan dan menyebabkan luka
  • Adanya kutu telinga kucing
  • Muncul benjolan atau pembengkakan pada telinga kucing
  • Dan lainnya

Jika catlovers tidak ingin beberapa hal diatas terjadi pada kucing dirumah maka catlovers harus secara teratur memeriksa kebersihan telinga kucing. Lakukan pengecekan setiap seminggu atau 2 minggu sekali, ketika terlohat ada kotoran maka catlovers harus segera membersihkannya sampai tuntas.

Memotong Kuku atau Cakar Kucing

Bagi catlovers yang masih pemula, memotong kuku atau cakar kucing sebenarnya memiliki banyak kegunaan. Kuku kucing yang secara teratur dipotong akan membuat kucing menjadi tidak begitu memiliki hasrat untuk mengasah kuku mereka, ketika hal ini terjadi maka kucing akan menjadi tidak mencakar perabotan yang ada dirumah.

Baca Juga : Cara Memotong Kuku atau Cakar Kucing dengan Baik

Sebenarnya mencakar perabotan rumah ini bisa dikurangi juga dengan memberikan kucing cat condo atau cakaran kucing, namun yang perlu catlovers ingat adalah menjaga ikatan dengan kucing peliharaan itu merupakan hal yang penting, jadi ketika catlovers memotong kuku kucing hal ini akan membuat ikatan catlovers semakin kuat.

Jika kucing sudah terbiasa dipotong kuku atau cakarnya, hal ini sebenarnya mudah untuk dilakukan. Yang perlu catlovers ingat adalah usahakan kucing senyaman mungkin dengan kondisi pada saat catlovers memotong kuku mereka. Setelah kucing nyaman, maka lakukan pemotongan kuku kucing senatural mungkin.

Itulah beberapa perawatan yang wajib catlovers lakukan setiap hari pada kucing peliharaan yang ada dirumah. Ingat, ketika catlovers sudah memutuskan untuk memelihara kucing maka catlovers berkewajiban untuk merawat kucing sepenuhnya. Demikian informasi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Perawatan Harian yang Wajib untuk Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel