Hal yang Menyebabkan Mata Kucing Berair

Dalam memelihara kucing, banyak sekali masalah yang terkait dengan kesehatan mereka. Dari banyaknya masalah kesehatan kucing tersebut, salah satu yang sering menjadi pertanyaan adalah mengenai mata kucing yang mengeluarkan air. Secara umum mata kucing memang selalu mengeluarkan air, namun dalam jumlah yang wajar.

Ketika seekor kucing mengeluarkan air mata secara berlebihan pasti ada sesuatu yang salah atau ada hal yang menyebabkan itu terjadi. Kucing terkenal karena memiliki wajah lucu dan menggemaskan, jadi jika mata mereka berair maka hal tersebut akan membuat penampilan kucing menjadi tidak enak untuk dipandang.

Penyebab Mata Kucing Berair

Mungkin catlovers yang memelihara kucing persia pasti sudah sering melihat mata kucingnya berair. Hal tersebut akan terlihat dengan jelas melalui kotoran pada sela mata kucing yang terlihat kotor dan hal ini akan sering terlihat pada kucing persia, apalagi yang memiliki hidung datar atau pesek.

Mara berair yang ada pada kucing persia dikarenakan karena bentuk wajah mereka dan juga matanya yang terbuka lebar, jadi untuk ras persia mata berair itu termasuk hal umum (bukan penyakit). Lalu, jika mata berair terjadi pada kucing lainnya maka kira-kira apa yang menjadi penyebabnya?

Penyebab Mata Kucing Berair

Kucing yang memiliki mata berair menunjukkan ada yang salah pada matanya, tentunya selain masalah kesehatan ada juga yang menyebabkan mata mereka berair. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab mata kucing menjadi berair.

Terkena Debu

Debu yang ada pada sekitar lingkungan kucing tinggal bisa menyebabkan mata kucing sakit dan bisa menjadi carier. Untuk menghindari hal ini terjadi pada kucing catlovers semuanya, jagalah selalu kebersihan lingkungan kucing tinggal. Selain berpotensi menyebabkan masalah pada mata kucing, debu yang ada juga tidak baik untuk pernapasan kucing.

Terkena Shampo

Jika catlovers tidak hati-hati dalam memandikan kucing, air atau shampo pada tubuh kucing bisa mengenai mata kucing. Apabila ini terjadi pada kucing catlovers ketika sedang memandikannya, maka segera bilas mata kucing. Air yang mengalir dapat mengatasi hal ini dan membuat mata kucing menjadi lebih baik.

Baca Juga : Alasan Induk Kucing Memakan Anaknya

Suhu Udara yang Ekstrim

Terkadang ada pemilik kucing yang lupa ada kucing dirumahnya, atau mungkin juga karena suhu sedang panas. Karena hal itu mereka akhirnya menyalakan AC terlalu dingin dan membuat ruangan jadi lembab. Suhu yang menjadi ekstrem itu kemudian akan membuat mata kucing menjadi basah dan membuat kucing tidak nyaman.

Mata Kucing Terkena Cairan Kimia

Cairan kimia yang dimaksudkan disini adalah cairan seperti pencuci piring, pembersih lantai dan beberapa cairan lain juga bisa menyebabkan mata kucing menjadi berair jika terkena. Hal ini sering terjadi pada orang yang memelihara kucing tanpa menggunakan kandang atau tidak dimasukkan kedalam kandang.

Cara Mengatasi Mata Kucing Berair

Kucing yang berkeliaran dilingkungan rumah ini secara tidak sengaja menabrak tempat cairan tersebut dan terkena pada matanya. Jika hal ini secara kebetulan terjadi pada kucing catlovers yang ada dirumah, maka catlovers harus bergegas untuk membilas kedua matanya supaya tidak terjadi hal yang berbahaya.

Okulasi Nasolakrimal

Okulasi nasolakrimal merupakan kondisi dimana sistem lakrimal kucing terganggu. Karena sistem lakrimal atau pengeringan air mata terganggu, maka air mata akan mengalir secara alami dan tidak dapat dikendalikan oleh kucing itu sendiri. Umumnya jika kucing dibawa ke vet, maka dokter hewan akan memberikan obat tetes mata untuk mengembalikan fungsi pada mata kucing.

Mata Kucing Kemasukan Benda Asing

Sebuah benda asing yang masuk pada kelopak mata kucing bisa membuat mata kucing menjadi sakit , merah dan mengeluarkan air mata. Perhatikan perilaku kucing catlovers yang ada dirumah, jika mendadak kucing menggosok mata secara berlebihan dan mata kucing terlihat berarir maka itu bisa menjadi tanda mata kucing kemasukan sesuatu.

Baca Juga : Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Kucing Hamil

Hal tersebut bisa dijadikan sebagai indikasi pertama ada yang salah pada mata kucing. Periksa kondisi mata kucing catlovers jika hal ini terjadi, liat apakah ada sesuatu pada mata mereka. Jika catlovers bisa mengatasinya, maka segera berikan penanganan, namun jika tidak segera bawa kucing ke dokter untuk diberikan perawatan.

Adanya Gangguan Bawaan pada Mata Kucing

Kondisi bawaan mata berair juga bisa terjadi pada mata kucing. Misalnya seperti kucing persia yang matanya cenderung mengeluarkan cairan secara berlebihan dan menimbulkan kotoran pada bagian sela mata. Hal ini tidak bisa diobati, namun catlovers harus menjaga kebersihan mata kucing untuk mencegah terjadinya infeksi yang kemungkinan bisa terjadi.

Infeksi

Mata kucing yang mengeluarkan air juga bisa disebabkan oleh infeksi yang terjadi karena luka di bagian dekat mata kucing. Kondisi ini tidak boleh terjadi terlalu lama pada kucing, karena hal ini bisa menyebabkan potensi masalah yang lebih berbahaya. Segera berikan perawatan jika hal ini terjadi pada kucing, dengan begitu infeksi tidak akan menyebar dan mata kucing menjadi pulih kembali.

Bentuk Kelopak Mata Kucing tidak Normal

Bentuk kelopak mata milik kucing yang abnormal (berbeda dari bentuk kelopak mata kucing pada umumnya) juga bisa menjadi penyebab mata kucing menjadi berair. Hal ini bisa langsung terlihat dengan membedakan bentuk kelopak mata kucing antara kucing satu dengan yang lainnya.

Pertumbuhan Bulu yang tidak Normal di Mata

Secara umum bulu pada mata akan mengarah keluar dan menjauh dari bola mata untuk menjadi pelindung, akan tetapi pada kucing yang mengalami kelainan. Bulu mata ini justru akan mengerah kedalam karena pertumbuhan yang tidak normal, bulu ini akan menjadi penyebab iritasi mata kucing dan membuat mata kucing berair.

Baca Juga : Mengetahui Kutu yang Sering Terlihat pada Kucing Peliharaan

Alergi

Alergi bisa saja terjadi pada kucing, akan tetapi tidak semua kucing bisa mengalami hal ini. Beberapa kucing tertentu bisa mengalami alergi terhadap debu, makanan yang diberikan, vitamin ataupun obat. Jadi, jika kucing mengalami mata berair setelah menggunakan sebuah produk tertentu maka segera hentikan penggunaan produk tersebut.

Overproduksi

Overproduksi merupakan kondisi dimana ada kelainan pada mata kucing yang menyebabkan air mata kucing diproduksi secara berlebihan. Ketika kucing mengalami hal ini maka kucing akan terus terlihat seperti menangis, jadi jika kondisi ini terjadi pada kucing catlovers dirumah maka segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk perawatan yang harus diberikan.

Kucing Terkena Virus herpes

Herpes merupakan virus yang bisa menimbulkan penyakit pada kucing dengan daya tahan tubuh yang buruk. Gejala yang ada biasanya adalah masalah pada pernapasan kucing, munculnya kotoran pada mata kucing yang membuat mata kucing berair dan kemungkinan juga flu jika ada virus lain yang ikut menyerang.

Virus Herpes pada Kucing Peliharaan

Kondisi ini sering dialami oleh kucing yang masih kecil atau baru saja lepas sapih dari induknya. Kucing yang masih kecil masih belum diberikan vaksinasi, selain itu mereka juga masih memiliki daya tahan tubuh yang kurang bagus, jadi usia 2-3 bulan pada anak kucing merupakan usia yang rentan untuk mereka terkena virus ini.

Cacing Mata Kucing

Selain dari beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, mata berair pada kucing juga bisa disebabkan oleh cacing mata. Kucing yang terkena cacing mata biasanya dikarenakan kelalaian pemilik kucing yang membiarkan kucing bermain dengan hewan ternak lainnya dan membuat kucing tertular cacing mata ini.

Cacing mata bisa menyebar dari hewan ternak pada kucing peliharaan, gejala yang ada adalah mata kucing menjadi mudah berair dan mereka menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Perhatikan kondisi mata kucing jika terlihat berair, periksa apakah ada yang aneh dan segera temukan penyebab hal tersebut terjadi.

Itulah beberapa alasan atau penyebab mata kucing berair, mungkin masih ada beberapa penyebab lain lagi yang catlovers ketahui. Jika kebetulan catlovers mengetahui hal tersebut, silahkan menambahkannya dengan berkomentar pada kolom komentar yang ada dibawah. Demikian informasi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Menyebabkan Mata Kucing Berair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel