Mengetahui Anemia pada Kucing dari Gejala dan Penyebabnya

Tentunya catlovers semua pernah mengatahui penyakit Anemia bukan? Penyakit ini adalah penyakit yang bisa terjadi pada manusia, namun bukan hanya manusia saja ya. Kucing pun juga bisa terkena penyakit Anemia, lalu apa itu anemia dan bagaimana jika kucing terkena anemia?

Anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah (eritrosit) dalam peredaran darah kucing terlalu rendah. Sel darah merah ini sendiri memiliki peranan yang penting untuk tubuh kucing, mereka berfungsi untuk membawa dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh kucing.

Anemia pada Kucing

Selain membawa dan mengedarkan oksigen keseluruh tubuh kucing, sel darah merak juga memiliki fungsi lainnya. Sel darah merah akan membawa sisa hasil metabolisme sel (karbondioksida) untuk dibuang, karena itulah ketika kucing kekurangan sel darah merah akan berbahaya untuk tubuhnya.

Dikatakan seekor kucing dewasa yang mengalami anemia memiliki jumlah sel darah merah dibawah 5 juta sel per 1 ml darah mereka. Jika seekor kucing kekurangan sel darah merah, hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi tubuhnya. Anemia kucing dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kucing mengalami kematian lo catlovers.

Anemia dalam Tubuh Kucing

Sel darah merah pada tubuh manusia dan juga kucing itu berfungsi untuk membawa oksigen. Jika sel darah merah ini rusak, maka sel darah merah tersebut akan didaur ulang didalam sum-sum tulang untuk menghasilkan sel darah merah yang baru dan sisanya akan dieksresikan oleh hati.

Baca Juga : Berbagai Jenis Virus yang Sering Menyerang Kucing

Gangguan yang terjadi pada sum-sum tulang dapat menyebabkan produksi sel darah merah pada tubuh menjadi terganggu. Selain itu adanya luka yang menyebabkan berkurangnya volume darah yang termasuk sel darah merah serta adanya parasit yang menghisap darah pada tubuh kucing. 

Penyebab Kucing Terkena Anemia

Kucing Kehilangan Darah

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab anemia pada kucing adalah berkurangnya sel darah merah total yang bisa dikarenakan luka, pembedahan, kelainan pembekuan darah, kanker, parasit yang menghisap darah kucing dan lainnya.

Hancurnya Sel Darah Merah

Sel darah merah yang mati pada tubuh kucing juga bisa menjadi penyebab anemia, biasanya hal ini dikarenakan reaksi antibodi pada tubuh kucing, reaksi tranfusi darah yang diberikan. Isoerythrolysis (kondisi dimana induk kucing memiliki antibodi terhadap golongan darah bayi yang baru lahir) pada anak kucing yang masih kecil disebut juga anemia hemolitik.

Produksi Sel Darah Merah yang Tidak Sempurna pada Tubuh Kucing

Ini merupakan bentuk anemia yang paling umum terjadi pada kucing dan disebabkan oleh leukimia, peritonitis, kanker sum-sum tulang belakang, gagal ginjal. Kelainan enzim, keracunan dan juga pemberian obat tertentu pada kucing.

Gejala Anemia pada Kucing

Gejala Anemia pada Kucing

  • Lemah lesu
  • Letih
  • Mual
  • Kucing menjadi malas grooming (membersihkan diri)
  • Denyut jantung kucing meningkat
  • Denyut nadi tidak teratur
  • Kucing terlihat linglung
  • Selaput lendir kucing pucat (gusi, lidah, hidung)
  • Nafsu makan kucing mengalami penurunan
  • Berat badan kucing turun
  • Nafas kucing terlihat lebih cepat
  • Keseimbangan tubuh kucing terganggu
  • Hypotermia (suhu tubuh menurun secara drastis)
  • Kucing mengalami hilang kesadaran

Diagnosis Anemia pada Kucing

  • Tes darah lengkap pada kucing (menghitung jumlah eritrosit, sel darah merah dan zat besi dalam darah)
  • Mencari penyebab timbulnya anemia pada kucing dan menentukan perawatan terbaik yang bisa diberikan

Pengobatan Anemia pada Kucing

Beberapa anemia yang bisa terjadi pada kucing tidak bisa diobati, seperti kanker, leukimia dan juga kerusakan pada sum-sum tulang belakang kucing. Sedangkan pengobatan untuk anemia umum yang biasanya terjadi adalah dengan memberikan perawatan supportif pada kucing.

Baca Juga : Informasi Vaksinasi Kucing dan Harganya

Pemberian zat besi, erythropoietin biasanya dilakukan dalam kasus kucing yang mengalami gagal ginjal. Secara pribadi kucing peliharaan saya belum pernah terkena penyakit anemia, namun hal ini juga belum bisa dipastikan secara pasti karena kebanyakan dari mereka meninggal dengan beberapa gejala yang mirip.

Dalam memelihara kucing semua pemilik kucing pasti akan dihadapkan dengan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan hingga berat. Penting untuk menjaga kucing tetap sehat, karena itu selalu berikan perawatan pada kucing semaksimal mungkin. Demikian informasi mengenai anemia pada kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Anemia pada Kucing dari Gejala dan Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel