Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Kehamilan Kucing

Semua catlovers pasti memiliki harapan supaya kucingnya memiliki anak yang lucu-lucu dan bisa menjadi anggota keluarga baru pada rumahnya. Meski begitu, masih banyak juga catlovers yang kurang begitu paham mengenai kehamilan kucing dan beberapa hal lainnya terkait hal ini.

Hal ini dibuktikan adanya banyak pertanyaan mengenai masa kehamilan kucing yang ada pada sosial media dan forum kucing indonesia yag ada. Beberapa pertanyaan tersebut sebenarnya termasuk pertanyaan umum, namun mungkin mereka kurang tahu atau tidak mencari informasi terlebih dahulu sebelum bertanya.

Pertanyaan Seputar Kehamilan Kucing

Pada masa kehamilan kucing kebanyakan orang yang belum paham pasti akan mencari informasi terkait makanan yang bagus untuk kucing hamil, masa kehamilan kucing, bagaimana cara merawat kucing yang sedang hamil hingga apa saja yang bisa mendukung kesehatan induk kucing dan juga janinnya.

Karena banyaknya pertanyaan tersebut, maka pada artikel kali ini akan ada rangkuman mengenai beberapa pertanyaan seputar kucing hamil yang sering ditanyakan. Jika ada pertanyaan lain yang ingin ditanyakan silahkan catlovers bisa menanyakannya pada kolom komentar dibawah. Berikut adalah beberapa pertanyaan tersebut.

Apa Saja Ciri Kucing Hamil itu?

Pada saat kucing sudah positif hamil maka catlovers akan bisa melihat beberapa tanda kehamilan kucing mulai dari perilaku dan perubahan fisik yang terjadi. Beberapa perubahan yang terjadi ketika kucing hamil adalah

Puting Kucing Membesar

Membesarnya puting milik kucing yang sedang hamil tidak akan terlihat pada awal usia kehamilan kucing, namun memasuki usia pertengahan kucing hamil atau sekitar 2 minggu sampai 3 minggu maka puting tersebut akan terlihat membesar dan berubah warna. Untuk kucing yang sudah pernah hamil maka ini akan mudah terlihat, namun pada kucing yang pertama kali hamil atau kucing berbulu panjang maka mungkin hal ini agak sulit terlihat.

Puting Kucing Hamil

Catlovers bisa mulai meraba pada awal usia kehamilan kucing, setelah itu ulangi merba bagian perut kucing ketika sudah memasuki usia kehamilan 3 minggu. Dengan memberikan jeda waktu ini maka catlovers akan mengetahui perbedaan yang ada  dan kedepannya catlovers akan menjadi mudah mengetahui jika kucing sudah positif hamil.

Kucing Mengalami Mual dan Muntah

Sama halnya dengan manusia yang muntah ketika mereka hamil, kucingpun juga demikian. Muntah pada kucing biasanya terjadi pada minggu pertama atau minggu kedua kehamilan mereka, namun dalam hal ini catlovers harus benar-benar bisa membedakan antara muntah dari kucing hamil atau muntah dari kucing sakit.

Nafsu Makan Kucing Meningkat

Sebelum kucing muntah, nafsu makan kucing masih sama seperti sebelumnya. Namun biasanya ketika kucing sudah muntah (menandakan sudah positif hamil) maka nafsu makan mereka semakin lama akan semakin naik dan porsi makanan yang harus diberikan pada mereka pun juga pasti akan berubah.

Baca Juga : Siklus Umur Kucing Selama Mereka Hidup

Umumnya nafsu makan kucing akan memingkinat 50% lebih banyak daripada sebelumnya, hal ini terjadi karena kucing membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk anak kucing didalam perut mereka. Nafsu makan ini akan terus naik hingga kucing melahirkan, dan setelah melahirkan mereka akan tetap membutuhkan makanan lebih banyak untuk menghasilkan asi untuk anaknya.

Perut Kucing Semakin Membesar

Pada periode kehamilan kucing, berat badan dari kucing ini bisa naik mulai dari 1kg hingga 2kg. Hal ini tergantung jumlah anak yang mereka kandung. Pembesaran perut kucing ini terjadi pada minggu ketiga usia kehamilan kucing, namun penampakan akan terlihat jelas pada usia kehamilan kucing 1 bulan atau 4 minggu.

Kucing Menjadi Lebih Manja daripada Biasanya

Umumnya memang kucing adalah hewan yang manja pada anggota keluarganya, mereka akan minta diperhatikan dan juga diajak untuk bermain. Pada saat kucing hamil, tingkat manja kucing ini akan semakin bertambah dan mungkin bagi catlovers yang kurang peka atau tidak mengerti akan mengira kucing mereka kembali ke masa birahi.

Berapa Lama Masa Kehamilan Kucing?

Penting untuk mengetahui periode kehamilan kucing peliharaan, karena dengan catlovers memahami hal ini maka catlovers bisa memperkirakan kapan kucing akan melahirkan. Masa kehamilan kucing sendiri sebenarnya sangat bervariasi, namun untuk angka mudahnya banyak orang yang mengatakan bahwa masa kehamilan kucing adalah 2 bulan.

Masa Kehamilan Kucing

Dua bulan atau 60 hari itu bukan angka pasti ya catlovers semuanya, melainkan hanya untuk mempermudah menjawab pertanyaan. Umumnya kucing hamil akan membutuhkan waktu 61 hari sampai dengan 72 hari dan bisa bervariasi lagi diantara kedua angka tersebut.

Baca Juga : Tanda Kucing akan Melahirkan dan Prosesnya

Ketika masa kehamilan kucing sudah mancapai usia 60 hari dan anak kucing belum keluar, maka catlovers jangan panik. Kemunduran kelahiran kucing adalah hal biasa. Mengetahui kondisi anak kucing juga terkadang diperlukan, jadi jika ada rejeki berlebih catlovers bisa memeriksakan kucing ke dokter untuk melakukan USG dan berkonsultasi dengan dokter mengenai beberapa hal yang perlu dilakukan.

Apakah Makanan Kucing Hamil itu Berbeda?

Kehamilan kucing merupakan masa yang paling melelahkan untuk kucing itu sendiri, karena itu pada masa ini kucing membutuhkan lebih banyak dukungan nutrisi supaya mereka bisa memiliki anak yang sehat dan juga memiliki daya tahan tubuh yang  baik. Kebutuhan nutrisi kucing hamil dan tidak itu berbeda ya catlovers, jadi makanan yang diberikan pun juga akan berbeda.

Makanan Khusus Kucing Hamil

Berbeda dalam hal ini bukan merk makanan yang diberikan, melainkan jumlah makanan yang diberikan harus lebih banyak daripada kondisi biasanya. Makanan yang diberikan ini akan membantu perkembangan janin yang ada sampai anak kucing ini akan dilahirkan oleh induk mereka.

Beberapa catlovers dan juga breeder kucing terkadang memberikan makanan khusus untuk kitten pada kucing mereka yang hamil. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada pada makanan tersebut lebih banyak daripada makanan khusus kucing dewasa pada umumnya. 

Apa Rekomendasi Makanan Kucing Hamil?

Menurut rekomendasi dari AAFCO (Association of American Feed Control), kucing hamil membutuhkan makanan dengan kandungan nutrisi 30% protein, 9% lemak, 1% kalsium, dan juga 0.8% fosfor. Kandungan nutrisi yang dibutuhkan kucing hamil tersebut tentu saja akan berbeda dari kebutuhan kucing pada umumnya ya catlovers.

Dari saya pribadi, tidak ada rekomendasi merk khusus yang perlu catlovers gunakan. Cukup berikan makanan kucing dengan kandungan seperti diatas atau mendekati jumlah nutrisi tersebut. Semua makanan kucing dibuat dengan baik dan memenuhi standar yang ditetapkan, namun tentu saja setiap merk akan menggunakan bahan yang berbeda.

Baca Juga : Tips Membuat Kotak Pasir Kucing tidak Berbau

Bagi catlovers yang memiliki uang berlebih, memberikan makanan kucing kualitas premium pada kucing hamil akan sangat membantu. Kandungan dan bahan yang digunakan pada makanan tersebut sudah pasti akan berbeda dari makanan kucing biasa, dan beberapa merk makanan kucing premium pasti menyediakan makanan khusus kucing hamil dan menyusui.

Selama masa kehamilan kucing, dianjurkan untuk memberikan jumlah makanan yang lebih banyak daripada biasanya. Sebaiknya catlovers menggunakan lebih banyak makanan kering karena kebanyakan makanan kering mengandung lebih banyak kalori daripada makanan basah atau wet food.

Hampir semua kucing lebih menyukai makanan basah daripada makanan kering, karena itu catovers bisa memberikan tambahan makanan basah atau mencampurkannya sebagai tambahan energi pada kucing hamil. Nafsu makan kucing akan bertambah selama masa kehamilan mereka, jadi catlovers harus mencukupi kebutuhan makanan yang harus diberikan.

Penting untuk menjaga kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan kucing, namun karena kebutuhan nutrisi kucing berbeda antara kucing satu dengan lainnya. Maka catlovers bisa melakukan konsultasi dengan dokter supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Demikian informasi mengenai pertanyaan seputar kucing hamil, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Kehamilan Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel