Tips Membuat Kotak Pasir Kucing Tidak Berbau

Hampir semua orang yang memiliki kucing sering kebingungan untuk menghilangkan bau kotoran kucing yang menyengat pada ruangan mereka tinggal. Jika membahas kotoran memang pada umumnya semuanya bau, namun jika dibandingkan dengan beberapa hewan peliharaan lain kotoran milik kucing memang agak lebih bau.

Kucing yang pemeliharaannya ditempatkan pada sebuah ruangan akan memiliki bau kotoran yang awet jika sirkulasi udara diruangan tersebut kurang bagus. Apalagi pada pagi hari dimana kotoran kucing belum dibersihkan dari bak pasir atau litter box. Terkadang meski sudah dibersihkan, bau kotoran kucing juga masih bisa menempel pada bak pasir yang digunakan.

Bau Kotoran Kucing

Bau kotoran kucing yang menyengat ini baru akan hilang setelah kotak pasir dicuci dengan bersih dan pasir yang ada telah diganti dengan yang baru. Apakah catlovers juga mengalami hal ini? Dalam memelihara kucing yang lucu ini hal ini memang sering menjadi masalah, apalagi orang yang memelihara dalam pemukiman padat yang bisa dikomplain oleh tetangga kapanpun.

Supaya catlovers semua merasa aman dan tidak terganggu oleh bau kotoran kucing yang menyengat ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dengan mengurangi bau kotoran kucing maka catlovers pun bisa merasa nyaman dan terhindar dari permasalahan dengan orang sekitar catlovers.

Tips Mengurangi Bau Kotoran Kucing yang Menyengat

Menggunakan Makanan Kucing yang Mengandung Odour Control

Beberapa produk makanan kucing terkadang memiliki beberapa kandungan khusus yang bisa mengurangi bau kotoran kucing dan istilah tersebut sering disebut dengan odour control. Catlovers pasti pernah mengetahui makanan kucing dengan keterangan odour control pada kemasannya.

Baca Juga : Cara Melakukan Transisi Makanan Kucing

Menggunakan makanan tersebut pada kucing sebagai makanan harian mereka bisa digunakan untuk mengurangi bau kotoran dari kucing catlovers. Namun ironisnya adalah sangat sedikit sekali makanan kucing yang memiliki kelebihan ini dan kebanyakan ada di luar negeri. Salah satu makanan kucing yang dijual dipasaran dan memiliki kelebihan ini adalah royal canin indoor.

Berikan Makanan Tambahan yang Mengandung Green Tea Extract

Makanan bukanlah satu-satunya yang bisa menjadi solusi menghilangkan bau kotoran kucing dari litter box. Memberikan snack kucing dengan kandungan tertentu juga bisa mengurangi bau kotoran kucing tersebut, dan salah satu kandungan yang dipercaya bisa mengurangi bau kotoran kucing adalah Green Tea Extract.

Snack Kucing yang Mengandung Green Tea

Bagi catlovers yang belum tahu, green tea extract berfungsi sebagai anti oksidan sehingga dapat membantu mengurangi pip dan juga pup kucing. Selain itu, juga bisa membantu menjaga sistem metabolisme tubuh kucing, menjaga kadar gula tetap seimbang dan beberapa manfaat lainnya yang bagus untuk kucing.

Memberikan snack atau cemilan pada kucing bisa dilakukan kapanpun dan tergantung catlovers sendiri. Jika memberikan cemilan tersebut bisa memberikan beberapa efek baik pada kucing, lalu kenapa tidak? Beberapa snack yang ada sudah banyak yang mengandung green tea extract, jadi catlovers tidak perlu bingung untuk mencarinya karena bisa didapatkan pada petshop dan marketplace online.

Berikan Makanan atau Snack yang Mengandung Yucca Schidigera (Yucca Ekstrak)

Selain green tea extract ada kandungan lain yang dikatakan juga bisa mengurangi bau kotoran kucing, yaitu Yucca Extract. Berbeda dengan green tea yang tidak ada pada makanan kucing, beberapa merk makanan kucing sudah banyak yang menggunakan kandungan Yucca Schidigera untuk mengurangi bau kotoran kucing.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Tanpa Menggunakan Kandang

Yucca Schidigera merupakan sebuah tanaman yang berfungsi untuk menghilangkan bau dan meningkatkan penyerapan nutrisi pada saluran pencernaan kucing. Selain itu, Yucca Schidigera juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan kucing sehingga kucing menjadi lebih sehat.

Beberapa merk makanan yang menggunakan kandungan ini memang akan lebih mahal daripada makanan umum yang banyak digunakan, namun dengan kelebihan ini pasti banyak catlovers yang ingin menggunakannya. Salah satu merk makanan kucing yang saya ketahui terdapat kandungan Yucca Schidigera adalah Equilibrio.

Tambahkan Bedak pada Kotak Pasir Kucing

Selain menggunakan makanan yang dikonsumsi oleh kucing, beberapa cara juga bisa digunakan untuk meredam bau dari kotoran kucing, dan salah satunya adalah dengan mencampurkan bedak pada kotak pasir atau litter box mereka. Hal ini bisa digunakan untuk orang yang menggunakan pasir cuci seperti saya.

Dengan mencampurkan bedak pada pasir yang digunakan kucing, maka ketika kucing sedang buang air, kotoran tersebut sedikit atau banyak akan terkena bedak yang dicampurkan. Meski tidak banyak, namun bau kotoran tersebut pasti akan berkurang. Jumlah bedak yang dicampurkanpun juga tidak perlu banyak, cukup sesuaikan dengan jumlah kotoran harian kucing catlovers sendiri.

Menggunakan Pasir Wangi untuk Harian Kucing

Bagi catlovers yang menggunakan pasir cuci maka mencampurkan bedak merupakan pilihan tepat untuk mengurangi bau kotoran mereka, namun ada hal yang lebih mudah lagi yaitu menggunakan pasir gumpal dengan aroma yang beraneka ragam. Penggunaan pasir gumpal aroma pada kucing sangatlah praktis, namun tentunya harganya juga agak lebih mahal dari pasir cuci biasa.

Pasir Gumpal Wangi untuk Kucing

Selain memiliki wangi yang bisa meredam bau kotoran kucing dengan baik, menggunakan pasir gumpal juga akan mempersingkat waktu catlovers untuk membersihkan kotoran kucing setiap harinya. Penggunaan pada hari awal (baru saja diberikan pasir wangi) akan dijamin bisa meredam bau kotoran kucing dengan baik, namun diperlukan penggantian pada beberapa hari selanjutnya.

Baca Juga : Review Pasir Gumpal Kucing Lunatic

Minus penggunaan pasir gumpal adalah pasir ini tidak bisa dicuci ulang dan digunakan kembali, selain itu dengan beberapa hari pemakaian bau yang ada pada pasir juga akan semakin berkurang. Ketika bau sudah berkurang dan kondisi pasir sudah lumayan jelek, maka catlovers harus mengganti pasir tersebtu supaya kotoran kucing bisa teredam baunya.

Berikan Sirkulasi Udara yang Bagus pada Ruangan Kucing

Bau dari kotoran kucing dalam sebuah ruangan bisa disebabkan karena ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang buruk. Sirkulasi udara pada sebuah ruangan merupakan hal yang penting, karena itu jika memelihara kucing dalam sebuah ruangan berikan banyak lubang atau ventilasi supaya udara bisa keluar masuk dengan bagus.

Jika membuat sebuah lubang atau jendela terlalu sulit karena ruangan sudah ada maka catlovers bisa mencoba menggunakan exhaust untuk dipasang pada ruangan tersebut. Dengan menggunakan exhaust (kipas penyedot yang biasanya ada didinding atau plafon) maka bau kotoran kucing pasti berkurang banyak.

Pelihara Kucing Diluar Ruangan

Jika memelihara kucing dalam sebuah ruangan bisa menimbulkan bau yang sulit untuk keluar, maka jalan lainnya adalah dengan memelihara kucing disebuah ruangan terbuka yang luas. Udara diluar ruangan akan lebih bebas dan hal ini tentu saja juga bisa mengurangi bau dari kotoran kucing tersebut.

Memelihara Kucing di Ruang Terbuka

Maksud diluar ruangan ini bukan ditempat terbuka tanpa atap ya catlovers semuanya, karena jika tanpa atap kucing nanti bisa kehujanan. Beberapa tempat yang mungkin bisa digunakan mungkin adalah area belakang rumah, halaman belakang ataupun lantai dua atas jika rumah catlovers kebetulan ada dua lantai.

Gunakan Produk untuk Mengurangi Bau Kotoran Kucing

Pada saat ini sudah banyak sekali produk untuk mengurangi bau kotoran kucing yang bisa catlovers gunakan. Pada beberapa marketplace online banyak sekali produk seperti ini yang pemakaiannya bisa dicampurkan pada litter box atau disemprotkan pada litter box yang digunakan oleh kucing.

Meski saya pribadi belum pernah menggunakannya, namun tentu saja beberapa produk ini bisa catlovers coba sebagai upaya utuk mengurangi bau kotoran kucing peliharaan dirumah. Merk atau brandnya juga sangat bervariasi, jadi catloveRs tinggal memilih berdasarkan review yang ada dan juga harga yang catlovers semua inginkan.

Memelihara kucing terkadang memang memiliki kesulitan tersendiri, namun hal ini adalah hal yang harus catlovers lalui demi anak bulu tersebut. Demikian informasi mengenai cara mengurangi bau kotoran kucing peliharaan, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membuat Kotak Pasir Kucing Tidak Berbau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel