7 Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang bagi Pemula

Kucing adalah hewan yang terkenal dengan kemandiriannya, mereka bisa mencari makan sendiri (kucing tidak memiliki pemilik), bisa membersihkan dirinya sendiri dengan grooming dan melakukan beberapa hal lainnya tanpa bantuan dari manusia. Meski mereka mandiri, namun bukan berarti kucing tidak membutuhkan perawatan juga bukan?

Dalam pemeliharaannya, kucing bisa dipelihara didalam kandang dan juga bisa tanpa menggunakan kandang. Umumnya orang yang memelihara kucing lebih dari satu (biasanya breeder) akan lebih memilih menggunakan kandang, namun untuk pemeliharaan kucing tunggal (hanya 1 ekor) maka pemeliharaan tanpa kandang sangat disarankan.

Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang

Memelihara kucing diluar kandang akan menjadikan kucing lebih dekat dengan pemiliknya, selain itu mereka juga akan lebih mudah untuk diajak bermain, mudah diberikan perawatan, kucing menjadi tidak mudah stress dan bisa menjadi teman dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 

Meski memelihara kucing diluar kandang memiliki banyak kelebihan untuk kucing peliharaan, namun catlovers semuanya harus tetap memperhatikan berbagai hal seperti kebersihan kucing supaya mereka tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Lalu, bagaimana cara merawat kucing tanpa menggunakan kandang? Simak selengkapnya dibawah ini.

Tips Merawat Kucing Tanpa Kandang

Memeriksakan Kucing Secara Teratur

Tips merawat kucing tanpa kandang yang pertama adalah melakukan pemeriksaan kucing dengan rutin. Pemeriksaan kucing sendiri umumnya ada dua, yaitu pemeriksaan bulanan dan juga pemeriksaan tahunan. Pemeriksaan bulanan kucing adalah perawatan rutinan seperti grooming dan kesehatan kucing secara keseluruhan.

Pemeriksaan Kucing

Pemeriksaan tahunan kucing juga akan memeriksa kesehatan kucing secara menyeluruh namun dengan tambahan pengecekan terhadap organ dalam kucing. Kucing yang dipelihara diluar kandang akan cenderung untuk berkeliaran di luar rumah atau lingkungan rumah, karena itu mereka akan lebih rentan dengan penularan penyakit atau virus yang berbahaya.

Karena hal tersebut maka memeriksakan kucing dengan rutin merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan kucing supaya tetap baik. Mendeteksi penyakit yang ada pada kucing sangatlah diperlukan, apalagi jika penyakit tersebut berkaitan dengan organ dalam kucing yang tidak catlovers bisa ketahui dengan pasti.

Baca Juga : Tips Membuat Kucing Menjadi Penurut

Lakukan pengamatan keseharian kucing catlovers dan cari tahu apakah ada perbedaan dengan aktivitas biasanya, setelah itu ketika melakukan konsultasi dengan dokter hewan pada saat melakukan pemeriksaan rutin., beritahukan pada dokter hewan jika ada perbedaan keseharian pada kucing supaya pemeriksaan lebih mudah untuk dilakukan.

Berikan Makanan dengan Terjadwal

Pemeliharaan kucing tanpa kandang akan menbuat kucing terbiasa dengan jam makan mereka. Berbeda dengan kucing yang dipelihara didalam kandang, mereka tidak akan bisa keluar untuk mencari makanan sendiri, sedangkan untuk kucing diluar kandang mereka bisa mencari makanan mereka sendiri ketika merasa lapar dan tidak diberikan makanan.

Untuk menghindari hal tersebut, catlovers harus memberikan makanan tepat waktu dan sesuai jadwal yang diberikan. Jangan pernah telat untuk memberikan makan pada kucing kesayangan catlovers, karena jika tidak mereka bisa mencari makanan sembarangan dan ada resiko untuk keracunan.

Baca Juga : Kutu yang Sering Terlihat pada Kucing Peliharaan

Jika catlovers memiliki uang yang berlebih, usahakan jangan sampai dry food dari kucing itu habis pada tempat makannya. Beberapa makanan tambahan bisa diberikan untuk menunjang kebutuhan nutrisi kucing seperti daging, snack atau makanan basah kalengan yang bisa dibeli pada petship terdekat di daerah catlovers tinggal. 

Menyisir Bulu Kucing

Secara umum kucing yang dilepaskan pada lingkungan rumah akan lebih sering untuk melakukan aktivitas daripada kucing dalam kandang. Karena hal tersebut maka tentu saja bulu kucing akan menjadi lebih cepat bermasalah seperti kusam dan kotor. Meski kucing bisa membersihkan bulunya sendiri, namun dalam hal ini catlovers juga harus memiliki peran.

Cara Menyisir Bulu Kucing

Menyisir bulu kucing selain bisa membuat bulu kucing menjadi lebih rapi juga bisa membuat kucing lebih dekat dengan pemiliknya, jadi menyisir bulu kucing dengan teratur memiliki banyak keuntungan. Sisirlah bulu kucing peliharaan dengan teratur, jangan lupa untuk membedakan ukuran bulu kucing catlovers semuanya.

Untuk kucing dengam bulu berukuran panjang maka catlovers harus lebih sering menyisirnya untuk membuat bulunya tetap rapi dan sehat. Sedangkan untuk kucing yang bulunya pendek, cukup lakukan penyisiran bulu secukupnya. Umumnya penyisiran bulu kucing dilakukan dua hingga tiga kali seminggu, namun catlovers bisa menyesuaikan ini sendiri.

Membersihkan Gigi Kucing

Selain menyisir bulu kucing, catlovers juga harus membersihkan gigi kucing peliharaan. Hampir semua kucing sering mengalami permasalahan pada gigi mereka, namun terkadang pemilik kucing kurang mengetahuinya dan menyebabkan masalah pada gigi kucing menjadi lebih parah karena tidak pernah dibersihkan.

Tips Menyikat Gigi Kucing Peliharaan

Permasalah yang sering terjadi pada gigi kucing adalah periodontal (infeksi gusi pada kucing) dan hal ini disebabkan karena gigi kucing jarang dibersihkan. Makanan yang diberikan pada kucing juga sangat mempengaruhi kesehatan gigi kucing, apalagi jika catlovers memberikan makanan basah sebagai makanan utama kucing peliharaan.

Beberapa catlovers mungkin membayangkan menyikat gigi kucing sangatlah sulit, karena itu mereka tidak pernah membersihkannya. Pada awalnya mungkin kucing akan berontak dan tidak mau untuk dibersihkan, namun ketika kucing sudah terbiasa maka hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan. Tips yang penting adalah sebaiknya kebiasaan menyikat gigi kucing dilakukan sejak dini.

Berikan Alas untuk Kucing Tidur

Kucing yang berada diluar kandang biasanya akan tidur disembarangan tempat, karena itu catlovers harus memberikan alas atau tempat untuk mereka tidur sehari-hari. Jangan pernah membiarkan kucing untuk tidur dimana saja, hal ini bisa menjadi kebiasaan buruk untuk kucing dan juga bisa mempengaruhi kesehatan bulu mereka.

Baca Juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Kucing untuk Berkembang

Biasakan kucing untuk tidur di satu tempat dan berikan alas untuk mereka tidur. Alas yang digunakan bisa berupa kain, selimut bekas yang tidak dipakai, atau juga bisa kasur kucing (tempat tidur untuk kucing) yang saat ini sudah banyak dijual dipasaran. Catlovers semua perlu untuk memperhatikan hal ini karena ini juga berpengaruh pada kesehatan kucing peliharaan catlovers.

Mengajak Kucing Bermain

Ketika catlovers sudah memutuskan untuk memelihara kucing maka catlovers juga harus sudah siap untuk memberikan mereka waktu untuk mengajak bermain. Bermain dengan kucing perlu untuk dilakukan untuk membuat mereka senang, mencegah kucing stress, dan menjalin ikatan dengan kucing itu sendiri.

Mengajak Kucing Bermain

Hal ini sebenarnya sangatlah sepele, namun tetap harus dilakukan. Kucing cenderung akan lebih dekat dengan orang yang memberikan mereka makan dan orang yang sering mereka lihat, karena itu bermain dengan kucing juga bisa membuat mereka menjadi lebih menurut dan dekat dengan orang sering mengajaknya bermain.

Memberikan Beberapa Latihan untuk Kucing

Beberapa latihan juga bisa diberikan pada kucing peliharaan untuk membuat mereka bisa melakukan beberapa permainan dan hal lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketahuilah batasan kucing untuk melakukan sesuatu karena mereka adalah hewan yang berbeda dengan anjing yang bisa melakukan banyak hal ketika dilatih dengan benar.

Latihan awal yang bisa diberikan pada kucing mungkin adalah untuk mengurangi kebiasaan buruk mereka seperti mencakar perabotan rumah, buang kotoran sembarangan, tidur disembarangan tempat dan hal lainnya. Ketika beberapa hal tersebut sudah dibenahi, maka selanjutnya catlovers bisa melatih kucing untuk hal lainnya.

Untuk catlovers yang sering atau suka jalan-jalan maka bisa melatih kucing untuk berjalan menggunakan tali penuntun, dan untuk catlovers yang suka bermain dengan kucing ketika berada dirumah bisa melatih kucing untuk bermain lempar tangkap dan beberapa permainan lainnya.

Banyak sekali latihan yang bisa diberikan pada kucing peliharaan, namun hal ini harus dilakukan dengan sabar dan tidak bisa instant (membutuhkan proses yang lama). Demikian informasi mengenai cara merawat kucing dalam kandang yang perlu catlovers ketahui, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel