Cara Mudah Melatih Kucing Menjadi Penurut

Memiliki kucing peliharaan yang menurut mungkin adalah keinginan hampir semua catlovers yang ada. Berbeda dengan anjing yang mudah untuk diajari sesuatu hal yang berkaitan dengan pemiliknya, kucing merupakan hewan yang dikenal sangat tidak loyal. Mereka hanya akan mengetahui jadwal makan dan beberapa kebiasaan kecil lainnya.

Mungkin catlovers pernah mendengar beberapa cerita mengenai kucing penurut yang setia pada pemiliknya, atau mungkin bahkan ada juga kucing disekitar catlovers yang demikian. Kucing menurut pada pemiliknya bukan tanpa alasan, namun mereka tentu juga perlu diberikan pengarahan dan beberapa latihan.

Cara Melatih Kucing yang Baik

Hal yang perlu catlovers ingat adalah tingkat menurut kucing dengan anjing sangatlah berbeda, jadi jangan pernah menyamakan kucing dengan anjing. Beberapa hal yang sangat mungkin dilakukan oleh anjing mungkin tidak akan bisa dilakukan oleh kucing, jadi catlovers harus memahami batasan ini terlebih dahulu.

Sebenarnya mungkin tidak sulit untuk membuat kucing menjadi penurut, beberapa latihan bisa diberikan untuk membuatnya menjadi menurut pada pemiliknya. Syarat yang dibutuhkan hanyalah kesabaran dan komitmen dari catlovers. Lalu, apa sajakah hal atau latihan yang harus diberikan pada kucing untuk menjadikannya penurut? Simak dibawah ini.

Tips Membuat Kucing Menjadi Menurut

Menggunakan Bunyi Tertentu

Kebiasaan pertama yanh perlu diajarkan pada kucing peliharaan adalah dengan menggunakan bunyi tertentu. Bunyi dalam hal ini bisa mencakup banyak hal seperti teriakan, tepuk tangan atau juga bisa suara lainnya yang bisa diingat oleh kucing yang berguna memberikan peringatan pada kucing.

Hal ini bisa catlovers lakukan pada saat kucing sedang nakal seperti menggigit, mancakar perabotan atau berbagai tindakan lain. Biasakan menggunakan suara yang sama ketika mengingatkan kucing catlovers, karena begitu kucing mengingat peringatan yang diberikan mereka akan mengetahui bahwa pemiliknya tidak menyukai hal yang sedang mereka lakukan.

Baca Juga : Jamur Kucing dan Cara Mengatasinya

Selain saat kucing nakal, hal ini juga bisa catlovers lakukan ketika jadwal makan tiba. Dengan mendengarkan bunyi tertentu mereka akan paham bahwa saat itu adalah waktu tempat makan mereka kembali terisi. Membiasakan ini membutuhkan waktu ya catlovers, dan tentunya akan lama dan membutuhkan kesbaran sampai kucing mengerti.

Melatih Perilaku Kucing

Jika kucing peliharaan catlovers melakukan hal yang tidak catlovers sukai maka catlovers perlu untuk melatih kucing untuk berhenti melakukan hal tersebut. Beberapa contoh perilaku kucing yang terkadang mengganggu mungkin adalah mencakar perabotan seperti kursi, buang kotoran sembarangan, berisik ketika ada orang dan lainnya lagi.

Tips Membuat Kucing Nurut

Ketika kucing memiliki beberapa perilaku tersebut maka hal pertama yang perlu catlovers lakukan adalah menemukan alasan kenapa kucing melakukan hal tersebut. Menggaruk atau mencakar sesuatu merupakan kebiasaan alami kucing yang tidak bisa dihilangkan begitu saja, karena itu jika kucing mencakar perabotan rumah maka catlovers hanya perlu mengganti atau memberikan tempat cakaran khusus.

Memberikan kucing sebuah cat condo atau tiang garukan kucing akan bisa mengurangi kebiasaan kucing untuk menggaruk perabotan yang ada dirumah catlovers semuanya. Jika kucing masih mengulanginya, segera angkat kucing ke tiang garukan atau memberikan teguran supaya kucing tahu bahwa catlovers tidak menyukai hal tersebut.

Baca Juga : Kerontokan Bulu Kucing dan Cara Mengatasinya

Teguran yang diberikan pada kucing bisa menggunakan bunyi seperti diatas, jangan menegur kucing dengan kasar dan bisa membuatnya takut. Beberapa permasalahan lain bisa dicari tahu dahulu apa penyebabnya, seperti jika kucing buang kotoran sembarangan maka sebaiknya kucing dimasukkan ke dalam kandang terlebih dahulu.

Pada kandang sediakan litter box supaya kucing berlatih menggunakannya, jika kucing sudah terbiasa maka catlovers bisa mencoba melepaskan kucing kembali dan melihat bagaimana hasilnya. Semua pengarahan ini membutuhkan proses dan juga waktu, karena itu catlovers harus lebih bersabar dan berusaha untuk memahami kucing catlovers dirumah.

Mengajak Kucing Bermain

Bermain bagi semua kucing adalah hal yang menyenangkan, hampir semua kucing pasti akan menikmati bermain bersama dengan pemiliknya atau anggota keluarga yang ada dirumah mereka tinggal. Mengajak kucing peliharaan bermain memang terlihat seperti sepele, namun hal inilah yang penting untuk dilakukan.

Berikan waktu untuk mengajak kucing untuk bermain, dengan mengajak kucing bermain selain membuat kucing menjadi senang juga akan membuat catlovers dan kucingnya menjadi lebih dekat. Ikatan dengan kucing peliharaan sangatlah penting, karena inilah salah satu faktor yang membuat kucing menurut dengan pemiliknya.

Memberikan Teguran pada Kucing

Sama dengan beberapa penjelasan yang sudah dijelaskan diatas, catlovers perlu untuk memberikan teguran pada kucing jika mereka melakukan sesuatu yang salah. Teguran yang diberikan pada kucing ini jangan dilakukan dengan berlebihan, cukup berikan bunyi seperti penjelasan pertama, gendong kucing atau bisa memasukkan kucing kedalam kandang.

Baca Juga : Manfaat Kebiri Kucing, Syarat dan Biayanya

Jangan sampai catlovers membentak kucing atau bahkan memberikan mereka pukulan, hal ini akan membuat kucing takut atau bahkan juga truma dengan catlovers. Ketika kucing menjadi takut, mereka bisa stress, lari ketika melihat catlovers atau bahkan memberikan cakaran. Karena itu berikan pada kucing dengan halus dan buat mereka untuk paham dengan teguran yang diberikan.

Melatih Kucing Menggunakan Reward

Beberapa pelatihan yang diberikan pada kucing akan sangat membantu kucing untuk mempelajari hal baru dan menjadi lebih penurut. Umumnya latihan ini diberikan dengan beberapa hal yang dipahami kucing seperti melempar bola dan ditangkap oleh kucing, berjalan menggunakan tali penuntun atau membawa benda pada pemiliknya.

Pelatihan untuk Kucing

Untuk memaksimalkan latihan ini, alangkah baiknya catlovers menggunakan reward atau hadiah ketika kucing berhasil melakukan sesuatu yang catlovers arahkan. Reward yang diberikan bisa berupa makanan favorit mereka, snack yang jarang diberikan pada kucing atau juga bisa gendongan atau belaian pada kucing catlovers semuanya.

Pola latihan ini sering digunakan oleh anjing, jadi jika anjing diberikan perintah dan berhasil melakukannya maka dia akan diberikan makanan oleh pemiliknya. Lakukan hal ini pada kucing catlovers selama latihan, dengan begitu mereka akan menjadi lebih bersemangat dan mengingat apa yang catlovers ajarkan pada mereka.

Memberikan Kucing Nama Panggilan

Kebanyakan catlovers memang sering memberikan nama untuk kucing peliharaannya, namun ada beberapa orang yang hanya menggunakan panggilan umum seperti pus, mpus, anabul dan beberapa istilah lain. Memberikan nama pada kucing juga akan membantu kucing mengingat beberapa hal dan mengetahui ketika catlovers memanggil mereka.

Baca Juga : Tanda Kucing Mau Melahirkan dan Prosesnya

Terkadang beberapa orang sering meneriakkan nama kucing ketika akan memberikan kucing makan, hal ini akan membuat kucing terbiasa dengan panggilan tersebut dan mengetahui bahwa itu merupakan waktunya mereka diberikan makan. Pengalaman ini juga termasuk dalam pengalaman pribadi dari keluarga saya.

Pada awalnya mungkin kucing tidak akan paham, namun lakukan kebiasaan ini secara terus menerus. Jika kucing sudah terbiasa, maka ketika catlovers memanggilnya dengan suara yang agak keras maka kucing akan langsung menuju ketempat catlovers berada dan mengharapkan untuk diberikan makan bahkan ketika mereka sedang bermain.

Membiasakan Kucing dengan Jadwal

Hal terakhir yang mungkin bisa dilakukan untuk membuat kucing menjadi lebih penurut adalah dengan meberikan jadwal yang teratur. Secara garis besar, kucing akan lebih dekat dengan orang yang memberikan mereka makanan, karena itu aturlah jadwal makan yang pasti supaya kucing bisa menghafal jadwal yang catlovers berikan ini.

Dalam hal ini, catlovers sendiri juga harus tepat waktu dan tidak boleh telat dalam memberikan makanan pada mereka. Biasakan jadwal ini dalam beberapa waktu, maka ketika kucing sudah hafal dengan jadwal yang ada mereka akan segera datang ketempat makanan akan diberikan dan mungkin bisa berteriak ketika makanan atau catlovers belum ada untuk memberikan makan.

Itulah beberapa tips atau cara untuk membuat kucing menurut dengan pemiliknya, catlovers semua harus ingat bahwa semua latihan yang dilakukan tersebut membutuhkan proses dan juga waktu. Untuk menjadikan kucing menjadi penurut tidak bisa dilakukan secara instant dan membutuhkan waktu.

Latihan yang diberikan pada kucing ini sebaiknya diberikan sejak dini. Kucing yang masih kecil akan lebih mudah dilatih daripada kucing yang sudah dewasa, jadi catlovers juga perlu mempertimbangkan hal ini. Demikian informasi mengenai cara membuat kucing menjadi penurut, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Melatih Kucing Menjadi Penurut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel