Cara Memotong Kuku Kucing dengan Baik dan Benar

Dalam memelihara kucing peliharaan, banyak sekali perawatan yang harus diberikan pada mereka. Perawatan umum yang ada biasanya adalah memandikan kucing, menyisir bulu kucing, membersihkan telinga dan juga sela mata kucing serta beberapa perawatan lainnya seperti memotong kuku atau cakar kucing.

Cakar atau kuku kucing merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk mereka. Selain digunakan sebagai senjata untuk berburu mangsa, kukunya juga digunakan untuk berbagai hal lainnya. Kucing sendiri bisa merawat cakar mereka dengan baik, kuku ini biasanya akan terlepas dan berganti dengan kuku yang lebih tajam dari sebelumnya.

Cara Memotong Cakar Kucing

Beberapa catlovers yang memelihara kucing seringkali memotong kuku atau cakar kucing ini supaya lebih tumpul supaya mereka tidak bisa mencakar perabotan yang ada dirumah.  Hal tersebut dilakukan oleh kucing karena mereka ingin melepaskan lapisan kuku dan membuatnya menjadi lebih tajam, jadi bisa dikatakan hal tersebut merupakan perawatan untuk cakar mereka.

Kuku atau cakar kucing yang dipotong ini hanya berada pada bagian ujungnya saja ya catlovers semuanya, bukan dipotong sampai habis ataupun dicabut yang bisa membuat kucing kesakitan. Pemotongan pada bagian ujung tidak akan membuat kucing kesakitan, namun jika dilakukan dengan benar. Bagaimana pemotongan kuku kucing yang benar?

Tips Memotong Kuku Kucing Peliharaan

Apabila catlovers tidak mau untuk membawa kucingnya ke tempat grooming atau ke vet untuk dibersihkan dan dipotong kukunya, maka cara terbaik adalah dengan memotong kuku atau cakarnya sendiri dirumah. Hal yang perlu catlovers lakukan adalah mempersiapkan gunting kuku kucing dan melakukan langkah dibawah ini.

Menekan Telapak Kaki Kucing

Langkah pertama yang perlu dilakukan  untuk memudahkan catlovers memotong kuku kucing adalah dengan menekan bagian jari kucing atau telapaknya. Dalam posisi digendong atau posisi normal, kucing tidak akan mengeluarkan cakar atau kukunya, karena itu langkah ini dilakukan untuk mengeluarkan kuku atau cakar tersebut suoaya mudah untuk dipotong.

Perhatikan Posisi Memotong Kuku Kucing

Posisi saat akan memotong kuku atau cakar kucing juga perlu untuk diperhatikan ya catlovers semuanya. Sebaiknya ketika memegang gunting kuku kucing catlovers harus nyaman, setelah itu baru melakukan pemotongan kuku dari atas (vertikal). Memotong kuku dari atas sering dilakukan, dan jika pemotongan kuku dilakukan dari samping akan ada resiko kuku kucing menjadi pecah.

Potong Bagian Kuku Kucing yang Benar

Bagi catlovers yang baru pertama kali memotong kuku kucing maka sebaiknya harus mengetahui bagian kuku mana yang harus dipotong. Apabila pemotongan kuku dilakukan terlalu dalam maka hal tersebut akan membuat kucing menjadi kesakitan dan kuku kucing bisa mengeluarkan darah.

Pemotongan Cakar Kucing

Potonglah kuku kucing hanya pada bagian ujungnya saja, perhatikan bagian kuku kucing terlebih dahulu sebelum memotong. Ujung kuku kucing yang berwarna putih itulah yang bisa dipotong, sedangkan bagian bawah yang terlihat kemerahan itu jangan dipotong karena itu bisa menyebabkan kucing kesakitan.

Lakukan Secara Bertahap (satu persatu)

Pemotongan kuku kucing yang benar dan baik untuk dilakukan adalah dengan secara bertahap atau satu persatu. Hal ini wajar saja untuk dilakukan, karena memang catlovers tidak bisa memotong kuku kucing sekaligus atau secara bersamaan. Hal yang perlu diingat adalah lakukan dengan cepat dan juga rapi.

Lakukan dengan Hati-hati

Pemotongan kuku kucing memang terlihat mudah dan sepele, namun catlovers tidak boleh asal dalam melakukannya. Kesan yang buruk akan mempengaruhi kucing dan mereka bisa tidak mau lagi untuk dipotong kuku atau cakarnya, karena itu supaya kucing tidak menjadi takut lakukan pemotongan kuku dengan hati-hati dan teliti.

Lakukan Pemotongan Secara Teratur

Bagi kucing yang sudah terbiasa dan belum terbiasa dipotong kukunya, catlovers harus memotong kuku kucing tersebut dengan rutin. Hal ini akan membuat kucing yang belum terbiasa menjadi lebih terbiasa, dan ketika kucing sudah terbiasa dengan pemotongan maka memotong kuku kucing akan menjadi lebih mudah.

Baca Juga : Fakta Menarik tentang Telinga Kucing yang Perlu Catlovers Ketahui

Perhatikan selalu perkembangan kuku kucing peliharaan yang ada dirumah, umumnya pemotongan kuku kucing ini bisa dilakukan 2 minggu sekali tergantung kondisi kuku kucing tersebut. Ketika kuku kucing sudah terlihat meruncing dan panjang maka catlovers bisa langsung memotongnya tanpa basa-basi.

Tips Ketika Memotong Kuku Kucing

Waktu Memotong Kuku Kucing

Poin ini sebenarnya sudah dijelaskan pada penjelasan diatas. Potonglah kuku kucing secara teratur yang umumnya harus catlovers lakukan 2 minggu sekali atau melihat kondisi kuku kucing tersebut. Terkadang beberapa catlovers juga ada yang memotongnya sebulan sekali, jadi semua ini tergantung keputusan catlovers sendiri.

Baca Juga : Manfaat dan juga Biaya Kebiri Kucing

Ketika kuku kucing catlovers sudah mulai memanjang dan juga meruncing, biasanya kucing akan mencakar perabotan yang ada dirumah. Pemotongan kuku ini digunakan supaya catlovers tidak merusak perabotan tersebut. Pilihan yang lebih baik adalah dengan menyediakan tempat cakaran kucing seperti cat condo atau cat tower pada kucing yang ada dirumah.

Biasakan Memotong Kuku Sejak Dini

Pemotongan kuku pada kucing yang sudah dewasa atau tidak pernah dipotong kukunya sama sekali pasti akan lebih sulit daripada kucing yang sudah sering dipotong kukunya. Hal ini dikarenakan kucing sudah terbiasa dan belum terbiasa untuk dipotong kukunya. Catlovers pasti tahu jika kucing yang masih kecil akan lebih mudah diajari daripada kucing yang sudah dewasa bukan?

Jadi berdasarkan hal diatas, ajarilah atau biasakan kucing catlovers sejak dini supaya mereka menjadi terbiasa dengan pemotongan kukunya. Mulailah sejak usia kucing 2 atau 3 bulan, pada awalnya mungkin akan susah, namun lama kelamaan kucing akan menjadi terbiasa dan mudah untuk dilakukan.

Berikan Jeda Waktu Saat Memotong

Ketika catlovers sedang memotong kuku atau mengajari mereka, catlovers bisa memberikan jeda pemotongan supaya mereka tidak menjadi takut dengan apa yang catlovers lakukan. Jangan memaksakan kucing yang belum terbiasa untuk dipotong kukunya sekaligus, hal ini bisa membuat kucing menjadi takut atau malah mungkin juga bisa stress.

Baca Juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Anak Kucing

Misalnya catlovers memotong kuku kucing dan baru berhasil memotong 1 kaki saja lalu kucing menjadi rewel atau lari. Ketika catlovers mengalami hal ini maka catlovers bisa memotong yang lain pada hari berikutnya atau beberapa jam setelahnya. Perhatikan kondisi kucing terlebih dahulu, jika mereka sudah biasa kembali dan tenang maka catlovers bisa melanjutkan memotong sisanya.

Berikan Kondisi yang Nyaman untuk Kucing

Kenyamanan kucing adalah salah satu faktor penting dalam pemotongan kuku mereka. Kenapa mereka takut atau berontak ketika catlovers memotong kukunya pertama kali? Itu karena mereka belum terbiasa dan merasa tidak nyaman dengan apa yang catlovers lakukan. Karena itulah buat kucing senyaman mungkin pada saat proses pemotongan kuku.

Tips Potong Cakar Kucing

Posisikan yang pas untuk catlovers dan kucingnya, buat mereka nyaman dengan posisi yang catlovers berikan. Berikan sentuhan atau belaian pada kucing ketika mereka mulai memberontak. Lakukan hal tersebut sampai kucing terbiasa dan tidak terganggu saat catlovers memotong kuku mereka.

Kikir Kuku Kucing Setelah Dipotong

Kuku atau cakar kucing yang baru saja dipotong akan kasar atau tajam pada bagian potongan baru tersebut, karena itu buatlah potongan itu menjadi lebih tumpul dengan cara mengikir kuku mereka. Sebenarnya dalam jangka beberapa hari kuku ini bisa menjadi tumpul karena tumbuh, namun demi keamanan kucing sebaiknya catlovers mengikir kuku setelah memotongnya.

Mengikir kuku kucing tidak hanya bisa dilakukan untuk hal tersebut. Misalnya ada penyakit gatal atau jamur pada bagian kaki kucing, jika demikian sebaiknya catlovers tidak perlu memotongnya dan cukup mengikir ujung kuku kucing suoaya menjadi lebih tumpul. Kikir kuku kucing secukupnya saja, jangan terlalu dalam sama dengan ketika catlovers memotongnya.

Selalu perhatikan kondisi kuku atau cakar kucing catlovers semuanya ya. Berikan perawatan pada kucing dengan baik termasuk kuku mereka. Kuku atau cakar kucing bisa menjadi media penularan penyakit atara kucing jika tidak dibersihkan dengan benar, karena itu memotong dan membersihkannya merupakan hal yang penting.

Bagi catlovers yang sudah membaca artikel kali ini tentunya jadi lebih memahami cara memotong kuku kucingnya. Cara ini bisa catlovers praktekkan dirumah dan jangan lupa untuk membuat kucing lebih terbiasa. Demikian informasi mengenai cara memotong kuku kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memotong Kuku Kucing dengan Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel