Fakta Menarik Tentang Telinga Kucing

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan terfavorit bukanlah tanpa alasan. Banyak orang suka dengan kucing karena mereka memiliki penampilan yang lucu dan juga menggemaskan, selain itu ada juga kucing tanpa bulu yang memiliki penampilan eksotis dan kucing dengan kaki pendek yang unik.

Banyak sekali jenis ras kucing yang ada didunia ini, mereka semua memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing dan setiap ras kucing tersebut juga memiliki penggemarnya sendiri. Meski banyak sekali perbedaan yang bisa terlihat jelas namun semua ras kucing tersebut juga tertuju pada satu hewan yaitu kucing.

Fakta Mengenai Telinga Kucing

Di balik penampilannya yang imut dan juga menggemaskan seekor kucing tersebut, ternyata ada beberapa fakta dan juga rahasia yang mungkin sangat jarang diketahui oleh para catlovers semuanya. Pada artikel kali ini hal inilah yang akan kita bahas, yaitu mengenai fakta menarik dari salah satu bagian tubuh kucing.

Mulai dari matanya yang lucu, hidungnya yang penuh karakter, bulu kumisnya yang menawan, telinganya yang lucu dan beberapa anggota tubuh kucing lainnya yang banyak catlovers ketahui. Kali ini yang akan dibahas adalah beberapa fakta menarik tentang telinga kucing. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Rahasia Telinga Kucing yang Perlu Catlovers Ketahui

Telinga Kucing Memiliki 3 Bagian

Mungkin hampir semua catlovers tidak pernah mengamati telinga kucing dengan mendalam, namun ternyata telinga kucing yang imut ini terdiri dari 3 bagian lo catlovers semua. Telinga bagian pertama adalah telinga bagian luar, bagian ini merupakan daun telinga yang biasa catlovers lihat pada kucing secara umum.

Fungsi dari daun telinga pada kucing adalah untuk menangkap sebuah suara dan meneruskan ke saluran telinga berikutnya. Bagian telinga kucing yang kedua adalah telinga bagian tengah, dimana pada bagian ini terdapat tulang yang berbentuk rak dan berfungsi untuk menjadi sekat untuk gendang telinga.

Baca Juga : Mengetahui Kutu Telinga Kucing dan Cara Mengobatinya

Gendang telinga ini akan mengubah gelombang suara dan menyalurkan suara tersebut ke syaraf pendengaran yang selanjutnya diteruskan ke otak kucing. Bagian terakhir dari telinga kucing atau bagian ketiga adalah telinga kucing bagian dalam. Bagian ketiga ini berfungsi sebagai organ penyeimbang atau koordinator.

Telinga Kucing Bergerak Kearah Sumber Suara

Terkadang catlovers pasti pernah mengetahui jika telinga kucing akan bergerak pada saat tertentu, hal ini merupakan hal yang umum namun juga termasuk hal unik pada telinga kucing itu sendiri. Pergerakan telinga kucing tersebut bukannya tanpa alasan, namun karena bergerak dikarenakan adanya sumber suara dari sesuatu.

Telinga Kucing Scottish Fold

Hal tersebut berarti bahwa telinga kucing memiliki kemampuan mendengar yang sensitif dan bahkan lebih sensitif dari telinga manusia. Beberapa ahli mengatakan bahwa kucing memiliki sensitivitas pendengaran sekitar 15% sampai dengan 20%. Hal inilah yang membuat telinga mereka akan bergerak kearah sumber suara yang mereka dengar.

Pada Saat Lahir Telinga Kucing Tuli

Kucing merupakan hewan yang termasuk dalam spesies altricial, artinya kucing akan lahir dengan beberapa indra yang sama sekali belum berfungsi dengan baik. Ketika kucing baru saja lahir, saluran telinga mereka masih tertutup dan karena hal ini maka sistem pendengaran mereka menjadi belum matang.

Baca Juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Kucing dalam Masa Perkembangannya

Belum matangnya sistem telinga tersebut membuat mereka menjadi tidak bisa mendengar. Sistem pendengaran ini akan menjadi normal seiring berjalannya waktu dan umumnya berkisar antara 10 hingga 14 hari mereka akan bisa mendengar dan menerima rangsangan dari suara dari lingkungannya.

Telinga Kucing Bagian Tengah Memiliki 2 Sekat

Fakta yang unik kali tentang telinga kucing yang satu ini adalah adanya rak septum (dinding pembatas) bertulang pada bagian tengah telinga mereka. Karena hal tersebut maka telinga kucing pada bagian tengah menjadi 2 bagian. Hal ini memanglah unik, namun dibalik keunikannya ini malah membuat telinga kucing menjadi sulit untuk diberikan penanganan ketika sedang terjadi infeksi.

Kucing Memiliki Lipatan Kulit Telinga yang Indah

Satu hal lagi yang unik dari telinga kucing adalah lipatannya yang estetik atau indah. Jika dibandingkan dengan banyak daun telinga dari hewan mamalia lainnya, hanya sedikit hewan yang memiliki lipatan telinga yang mirip dengan kucing. Lipatan ini sangat menarik dan menghiasi daun telinga dengan jumbai bulu disekitarnya, dan keunikan ini biasa disebut dengan marginal kulit.

Kucing Memiliki Pendengaran yang Tajam

Untuk fakta menarik yang satu ini mungkin sebenarnya semua catlovers juga sudah mengetahuinya, yaitu kucing memiliki pendengaran yang sangat tajam dan baik. Meski ini adalah hal yang banyak diketahui banyak orang, namun menariknya dikatakan bahwa pendengaran milik kucing lebih tajam daripada pendengaran milik anjing.

Pendengaran Kucing

Berdasarkan informasi yang ada pada beberapa situs yang membahas hal ini, kucing memiliki pendengaran tajam disekitar 45Hz-64Hz dan untuk anjing adalah 67Hz-45Hz. Dari data tersebut maka kesimpulan yang ada adalah pendengaran kucing lebih tajam sehingga mereka lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan mangsanya atau predator yang mengincarnya.

Setelah membaca informasi ini tentunya catlovers semuanya pasti akan segera memeriksa telinga kucing peliharaan bukan? Ingat, dibalik semua hal tersebut telinga kucing sangat rentan terkena infeksi atau peyakit ya catlovers semuanya, jadi ingatlah selalu untuk membersihkan telinga kucing peliharaan yang ada dirumah.

Periksa selalu kebersihan telinga kucing setiap 1 atau 2 minggu sekali, dan jika terlihat ada kotoran maka segera bersihkan. Menjaga kesehatan kucing adalah hal yang penting, dan kesehatan tersebut juga termasuk telinga kucing ini. Demikian informasi mengenai fakta menarik telinga kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Fakta Menarik Tentang Telinga Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel