Cara Mengobati Kucing yang Keseleo

Bagi para catlovers semuanya yang memelihara kucing dirumah pasti pernah mengalami atau mengetahui tentang kaki kucing keseleo. Kucing yang sebelumnya dalam kondisi sehat, lincah, suka bermain, banyak makan mendadak menjadi murung, diam saja dan mengalami penurunan nafsu makan.

Ketika hal tersebut terjadi pada kucing maka perhatikan terlebih dahulu cara mereka berjalan. Apakah jalannya normal atau pincang dan tidak mau bergerak sama sekali. Ketahui aktivitas terakhir yang dilakukan oleh kucing tersebut, apakah ada kemungkinan berkelahi, terjepit, terinjak atau juga bisa jatuh dari ketinggian.

Keseleo pada Kucing

Apabila ada salah satu dari hal tersebut menjadi kegiatan kucing terakhir kali maka ada kemungkinan kucing sedang keseleo. Keseleo pada kucing berbeda dengan patah tulang. Jika patah tulang yang terjadi, maka kucing sudah pasti tidak bisa bergerak atau kaki kucing terlihat lemas dan mungkin seperti menggantung.

Jika kucing keseleo, maka mereka masih bisa bergerak meski pincang. Untuk kasus oatah tulang pada kucing tentu saja harus dibawa ke vet untuk diberikan penanganan, sedangkan untuk kasus keseleo pada kucing perawatan sendiri masih bisa dilakukan dirumah. Cara merawat kucing keseleo bisa catlovers simak dibawah ini.

Tips Menangani Kaki Kucing Keseleo

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kucing untuk tetap makan dan minum, jika pada posisi ini kucing tidak mau makan maka catlovers bisa memancing nafsu makan kucing dengan menggunakan makanan basah yang banyak disukai oleh kucing. Jika kucing masih tidak mau makan, maka catlovers wajib untuk menyuapi kucing tersebut.

Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Kurangnya nafsu makan kucing ini dikarenakan mereka merasakan sakit pada kakinya, dan mungkin hal tersebut membuatnya tidak mau makan. Berikan minum pada kucing setelah menyuapinya, jika kucing juga tidak mau minum maka catlovers juga harus menggunakan spuit untuk meminuminya.

Supaya kucing tidak banyak bergerak dan membuat kakinya semakin parah, maka alangkah baiknya catlovers memasukkan kucing ke dalam kandang terlebih dahulu. Dengan berada didalam kandang maka kucing akan terbatasi ruang geraknya, dan biasanya mereka lebih memilih untuk rebahan atau tidur.

Baca Juga : Cara Memotong Cakar Kucing yang Baik

Pengobatan pada kaki kucing yang keseleo bisa menggunakan minyak telon untuk dioleskan pada kaki kucing, sebelum mengoles cari tahu terlebih dahulu bagian mana yang perlu diolesi. Karena minyak telon tidak terlalu panas dan banyak digunakan anak kecil, maka ini akan aman. Untuk menghindari minyak tersebut terjilat kucing maka catlovers bisa membungkusnya dengan kain.

Beberapa perawatan lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres kaki kucing tersebut, gunakan air hangat dan kain lalu kompres kaki kucing dengan perlahan. Pada masa ini buatlah kondisi kucing senyaman mungkin supaya mereka tidak berontak, berikan sentuhan dan belaian supaya kucing menjadi lebih tenang.

Pengobatan Keseleo pada Kucing

Menurut beberapa informasi juga ada obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati kucing keseleo, obat tersebut adalah jahe dan juga sereh yang dilembutkan dan dibalurkan pada kaki kucing yang keseleo. Setelah itu baluran tersebut harus dibungkus dengan kain, dikatakan pengobatan ini akan mempercepat pemulihan kaki kucing keseleo.

Jangan memberikan pijatan yang asal pada kaki kucing keseleo, cukup berikan sentuhan dan jangan membuatnya menjadi lebih sakit. Perhatikan perkembangan kaki kucing setelah diberikan pengobatan, yang jelas selama kucing tidak mau makan catlovers harus selalu menyuapi kucing sampai mereka bisa makan sendiri.

Baca Juga : Alasan Kucing Memakan Anaknya Sendiri

Kaki kucing yang keseleo sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, namun hal ini akan memakan waktu 3 hingga 7 hari atau bahkan juga bisa lebih. Saya pribadi juga pernah mengalaminya, dan hal yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan memastikan kucing untuk tetap makan.

Catlovers bisa memberikan makanan favorit mereka atau juga makanan lain yang memiliki kandungan nutrisi bagus, Hal tersebut akan sangat membantu pemulihan kucing. Demikian informasi mengenai pengobatan kaki kucing keseleo, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Kucing yang Keseleo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel