Siklus Umur Kucing Selama Mereka Hidup

Secara umum tidak akan ada yang mengetahui pada usia berapa seseorang akan mati atau meninggal. Hal ini terjadi pada manusia dan juga hewan yang diantaranya adalah kucing. Apakah catlovers sudah lama memelihara kucing? Berapa usia kucing paling tua yang pernag dipelihara catlovers?

Mungkin sebagian besar catlovers yang membaca artikel ini tidak begitu memperhatikan umur kucing peliharaannya. Pada pandangan umum pun juga demikian, beberapa orang berpendapat bahwa kucing yang berusia 3 tahun sudah termasuk tua, karena pada awalnya saya juga demikian.

Siklus Usia Kucing Selama Hidup

Umur kucing peliharaan akan selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan oleh pemiliknya, karena itu jika catlovers menginginkan kucingnya memiliki umur yang panjang maka jangan memberikan perawatan secara asal-asalan. Banyak sekali yang menentukan umur kucing, termasuk dalam makanan, vaksinasi dan beberapa hal lainnya.

Dari faktor tersebut, tentunya akan ada perbedaan antara umur kucing peliharaan dengan kucing liar karena adanya perawatan dan tidak. Banyak sekali hal yang bisa dibahas terkait umur kucing, karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas hal tersebut, untuk selengkapnya catlovers bisa simak dibawah ini.

Perbedaan Umur Kucing Peliharaan dan Kucing Liar

Umur atau usia kucing sangat dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah lingkungan dimana kucing tersebut tinggal. Hal inilah yang membuat perbedaan antara umur kucing peliharaan dan juga kucing liar menjadi berbeda.

Perkembangan Kucing dari Kecil

Kucing peliharaan yang umumnya selalu hidup didalam ruangan umumnya akan memiliki umur yang lebih panjang dari kucing liar. Menurut data yang ada dari berbagai sumber, mereka dapat berumur 12-18 tahun. Bahkan ada juga yang mengetakan kucing peliharaan bisa mencapai usia 20 tahun hingga 28 tahun.

Berbeda dengan kucing liar yang kehidupannya selalu berada diluar ruangan atau alam bebas. Umur kucing liar cenderung lebih pendek dikarenakan lingkungan mereka yang keras. Beberapa resiko seperti kecelakaan, serangan dari hewan lain, penularan penyakit, makanan yang tidak pasti serta virus yang mematikan sangat mempengaruhi kehidupan dan umur mereka.

Siklus Hidup Kucing Berdasarkan Umurnya

Dalam umur mereka, kucing akan terus berkembang dan memiliki tahaoan sendiri. Berikut adalah siklus hidup kucing mulai dari baru lahir hingga 15 tahun keatas.

0-6 Bulan (Anakan)

Pada usia ini kucing akan mengalami perkembangan yang pesat. Masa ini adalah masa yang tepat untuk membentuk karakter seekor kucing dan kebiasaan mereka didalam rumah ataupun diluar. Mulailah mengajari kucing untuk menggunakan litter box jika pemeliharaan dilakukan tanpa menggunakan kandang.

Baca Juga : Kebutuhan Nutrisi Kucing yang Masih Kecil

Selain itu, catlovers harus membiasakan semua hal yang berkaitan dengan perawatan kucing mulai dari mandi, memotong kuku, membersihkan telinga, gigi dan juga kebiasaan mereka untuk dekat dengan anggota keluarga. Lakukan semua hal tersebut pada usia ini, dengan begitu mereka akan menjadi terbiasa dan mudah diberikan perawatan untuk kedepannya.

6 Bulan – 2 Tahun (Muda)

Pada usia ini kucing akan mencapai pertumbuhan maksimal mereka. Kucing akan mencapai kematangan seksual, memasuki masa birahi dan siap untuk dikawinkan pada masa ini. Umumnya kucing betina birahi pada usia 8 bulan (birahi pertama), namun ada juga yang kurang dari usia tersebut.

Untuk kucing jantan, biasanya mereka baru bisa kawin pada usia 1 tahun. Namun ada yang bisa kurang atau bisa lebih dari usia tersebut. Saat inilah catlovers harus memutuskan apakah kucing akan dikawinkan (dibreeding) atau disteril (dikebiri) untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan.

Kucing mudah harus memiliki banyak interaksi seperti bermain dan melakukan beberapa aktivitas kecil lainnya supaya mereka lebih mudah untuk berdaptasi dengan orang baru atau kebiasaan baru. Mulailah mengajari kucing beberapa permainan dan trik seperti berjalan menggunakan tali, hal ini akan sangat membantu kucing dan membangun ikatan dengan pemiliknya.

3 Tahun – 6 Tahun (Masa Terbaik)

Di usia ini merupakan masa terbaik untuk kucing. Meski disebut sebagai masa terbaik kucing, namun masa ini merupakan masa yang perlu diperhatikan karena pada masa setelah ini merupakan masa dimana kucing akan mengalami penurunan mental dan tentu saja juga beberapa masalah kesehatan pasti bisa muncul.

Baca Juga : Pembahasan Cacingan pada Kucing Peliharaan

Pastikan kucing sudah menerima vaksinasi pada masa ini, jangan lupa untuk melakukan pengulangan setiap tahun. Selalu periksakan kondisi kucing jika sesuatu terjadi, perhatikan kebutuhan nutrisi mereka dan jangan lupa untuk tetap mengajak kucing bermain dan memberikan mereka waktu bersama.

7 Tahun – 10 Tahun (Dewasa)

Usia 7 hingga 1 tahun merupakan usia dewasa untuk kucing, jika usia ini disamakan dengan manusia maka kemungkinan usianya adalah 35-45 tahun. Pada masa ini kucing akan mulai terlihat lebih cepat gemuk dan dari segi pergerakannya mereka akan lebih lambat daripada sebelumnya.

Di usia ini asupan makanan yang diberikan pada kucing sudah benar-benar harus diperhatikan. Berbeda dengan kucing yang masih muda, kebutuhan nutrisinya sudah pasti berbeda, jadi makanan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan usia serta aktivitas kucing itu sendiri.

Jika asupan makanan mereka berlebihan, dan kucing kurang bergerak, maka kalori yang ada pada makanan tersebut tidak akan terpakai dan akan diubah menjadi lemak. Hal ini memang rumit, jadi untuk menentukan yang terbaik bagi kucing catlovers bisa melakukan konsultasi dengan dokter hewan tentang makanan dan beberapa hal lainnya.

11 Tahun – 14 Tahun (Senior)

Di usia ini kucing catlovers semuanya akan mirip seperti manusia yang berusia 70 tahun, kaena itu mereka menjadi sangat rentan dan membutuhkan lebih banyak kasih sayang serta perhatian supaya mereka tetap bahagia. Selain itu, pada usia ini kucing juga akan menjadi lebih pasif dan juga lebih senang untuk bersantai.

Baca Juga : Fakta Menarik Mengenai Telinga Kucing

Supaya tubuh dan juga pikiran kucing terstimulasi, cara terbaik untuk merangsangnya adalah dengan menggunakan tempat makan puzzle. Tempat makan atau wadah makan puzzle akan membuat mereka berfikir dan berjuang untuk mendapatkan makanannya, jadi hal ini sangat bagus untuk membuat mereka tetap aktif.

Pada usia ini juga kucing akan memiliki resiko lebih tinggi untuk memiliki berat badan yang berlebih (obesitas). Jadi selain memberikan porsi makanan yang sesuai, wadah puzzle juga akan membuat mereka menghabiskan lebih banyak kalori sehingga resiko kelebihan berat badan pun juga akan semakin berkurang.

15 Tahun Keatas (Geriatrik)

Pada masa ini, kucing akan memiliki pergerakan yang lebih lambat daripada sebelumnya. Namun meski begitu, kucing juga tetap akan aktif karena seperti yang catlovers ketahui pada manusia, kakek atau nenek pun juga masih bisa aktif karena mereka terkadang masih energik.

Keaktfian kucing pada usia ini bisa terjadi karena perawatan yang bagus sejak awal, makanan yang sesuai dan mencukupi kebutuhan nutrisi kucing dan juga wadah makanan yang membuatnya tetap terstimulasi sebelumnya. Perhatian dan juga kasih sayang sangat memiliki peran penting dalam hal ini, karena itu jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk kucing peliharaan.

Segala sesuatu mengenai kucing perlu dilakukan pemantauan dan pengamatan, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah jam tidur mereka, frekuensi buang air besar dan kecil, dan beberapa hal kecil lainnya. Memang terlihat sepele, namun ketika sesuatu terjadi pada kucing maka catlovers akan segera mengetahuinya dari perubahan kecil yang terjadi.

Cara Supaya Kucing Memiliki Umur Panjang

Agar kucing panjang umur, menjaga kesehatan dan juga kebugaran mereka adalah salah satu faktor penting yang perlu dilakukan. Ingat ya, semua hal yang dilakukan untuk membuat kucing memiliki umur panjang hanya usaha, karena pada dasarnya umur kucing hanya Allah yang mengetahuinya.

Jika catlovers menginginkan kucingnya untuk hidup lebih lama, maka beberapa usha tersebut perlu dilakukan karena usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Beberapa hal yang mungkin bisa catlovers lakukan adalah dengan memberikan vaksinasi pada kucing dirumah.

Tips Membuat Kucing Berumur Panjang

Memberikan vaksinasi pada kucing akan membuat kucing memiliki ketahanan yang lebih baik dari virus yang berbahaya, selain itu mereka juga akan memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah untuk sakit. Kucing yang sudah divaksin tidak 100% aman dari virus, namun dengan sedikit perawatan kucing akan segera pulih kembali daripada kucing yang belum diberikan vaksinasi.

Selain vaksinasi, catlovers juga harus menjaga berat badan tubuh kucing itu sendiri. Usahakan kucing selalu memiliki berat badan ideal untuk tubuhnya, dengan begitu kucing akan memiliki sedikit resiko untuk terkena obestitas. Kebutuhan nutrisi kucing disetiap usia mereka itu berbeda, jadi pemberian makanan juga harus diperhatikan.

Baca Juga : Alergi pada Kucing dan Cara Mengatasinya

Berikan lingkungan yang nyaman untuk mereka, jangan lupa menyisihkan waktu dan memberikan perhatian serta mengajak kucing bermain. Pada usia lanjut, berkonsultasi dengan dokter merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisi kucing secara menyeluruh dan beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi pada kucing.

Apa yang Terjadi pada Kucing yang Sudah Tua?

Semua makhluk hidup yang ada didunia ini ketika sudah tua pasti akan mengalami perubahan entah itu dari segi mental ataupun fisik. Perubahan atau penurunan kualitas mental mungkin bisa diatasi dengan kebiasaan dan beberapa pelatihan yang bisa membuat mental kucing memiliki kualitas yang baik.

Berbeda halnya dengan fisik kucing, ketika mereka sudah tua maka kondisi fisik ini bisa menyebabkan beberapa masalah yang mempengaruhi kesehatannya. Dibawah ini merupakan beberapa kemungkinan yang terjadi pada kucing yang sudah tua.

  • Sistem kekebalan tubuh kucing akan semakin melemah
  • Beberapa penyakit akan lebih mudah masuk karena lemahnya daya tahan tubuh mereka
  • Perawatan mandiri mereka akan semakin tidak efektif (menjilati tubuh atau membersihkan diri)
  • Kemampuan indra kucing akan semakin menurun seperti penciuman dan penglihatannya
  • Berkurangnya kemampuan otak kucing
  • Cakar kucing mulai tumbuh berlebihan, namun cakar tersebut tebal dan rapuh (harus lebih sering dipotong)

Merawat kucing peliharaan memang membutuhkan komitmen dan juga kesabaran, terkadang mereka bisa menghibur kita dengan tingkahnya yang lucu, namun terkadang mereka juga bisa membuat pemiliknya kesal karena tingkahnya tersebut. Jangan pernah memukul kucing atau menyakitinya, karena pada dasarnya kucing tidak mengetahui maksud dari keluarganya.

Berikan yang terbaik untuk kucing mulai dari mereka kecil hingga mereka menjadi tua, dengan begitu kucing akan bahagia dan memiliki usia yang lebih panjang di lingkungan mereka tinggal. Demikian informasi mengenai siklus umur kucing selama mereka hidup, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Siklus Umur Kucing Selama Mereka Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel