Hal yang Membuat Kucing Bertengkar dan Cara Mengatasinya

Memelihara kucing tentu saja akan memiliki kesenangan tersendiri untuk pemiliknya. Hal ini dikarenakan kucing memiliki tingkah yang lucu dan terkadang bisa membuat pemilik kucing terhibur dengan tingkahnya tersebut. Ada kalanya memang kucing akan membuat pemiliknya merasa jengkel, namun dengan sedikit arahan hal ini akan bisa dikurangi.

Pemeliharaan kucing catlovers sendiri sangat bervariasi, ada yang memelihara 1 ekor saja untuk menemani dirumah dan terkadang ada yang memelihara kucing lebih dari 1 ekor untuk diternakkan dan menghasilkan anak kucing yang lucu-lucu. Bagi breeder kucing ras tertentu, kucing yang dipelihara sudah bisa dipastikan akan lebih dari 1 ekor.

Penyebab Kucing Berkelahi

Mungkin bagi catlovers yang memelihara kucing 1 ekor saja tidak pernah mengetahui pertengkaran kucing, namun bagi catlovers yang memelihara kucing dalam jumlah banyak pasti pernah mengetahui pertengkaran yang dialami oleh kucing peliharaannya. Pertengkaran yang terjadi bukanlah tanpa alasan, namun pasti ada hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Bertengkarnya kucing peliharaan memang menjadi salah satu masalah bagi mereka yang memelihara kucing dalam jumlah banyak, karena itu catlovers harus mencari tahu apa yang menyebabkan hal ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Dibawah ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab terjadinya pertengkaran antar kucing.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Kucing Bertengkar

Keegoisan Kucing

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang memiliki sifat egois. Catlovers pasti pernah melihat bahwa jika kucing menyukai suatu barang maka mereka akan menganggap barang tersebut adalah milik mereka sendiri. Barang tersebut tidak akan pernah mau dibagi dengan kucing lainnya.

Baca Juga : Rekomendasi Vitamin dan Supplemen Kucing Murah

Umumnya kucing peliharaan senior (kucing yang paling lama dipelihara) akan memberikan tanda pada barang yang merasa milik mereka dengan cara mengencingi barang tersebut. Dengan tanda yang telah mereka berikan tersebut maka kucing lainnya tidak akan datang untuk mengambil barang itu. Ketika salah satu kucing mencoba mengambilnya maka kemungkinan akan terjadi perkelahian antara keduanya.

Kucing Mempertahankan Wilayah Mereka

Sama halnya dengan manusia, kucing juga memiliki daerah kekuasaan mereka sendiri. Hal ini sering terjadi pada kehidupan kucing liar yang hidup di lingkungan tertentu. Kucing yang sudah memiliki daerah kekuasaan ini perlu untuk mempertahankan daerahnya supaya tidak direbut oleh kucing pendatang baru atau kucing lainnya.

Perkelahian Kucing Liar

Ketika mempertahankan wilayahnya ini, perkelahian sudah pasti tidak bisa dihindarkan antara kucing satu dengan lainnya. Karena hal inilah perkelahian yang sering catlovers ketahui di lingkungan kucing liar adalah hal yang wajar. Hal ini juga berlaku untuk kucing peliharaan catlovers lo, jadi catlovers juga harus memperhatikan ketika ada kucing baru yang datang.

Musim Kawin Kucing

Ketika kucing jantan sedang birahi, biasanya mereka akan mengeluarkan suara yang keras untuk menarik perhatian kucing betina. Pejantan berharap ada kucing betina yang sedang birahi dan merespon dengan mengeluarkan suara, dengan beginilah kucing jantan bisa mengetahui dimana posisi kucing betina tersebut.

Dalam hal ini, biasanya akan ada kucing jantan lain yang juga menuju ketempat dimana kucing betina berada. Ketika hal seperti ini terjadi, maka sudah pasti akan ada perkelahian diantara kedua kucing jantan tersebut untuk memperebutkan kucing betina yang sedang birahi.

Kucing Lapar

Pada saat tertentu kucing bisa bertindak lebih agresif daripada biasanya. Salah satu hal yang membuat kucing menjadi lebih agresif dari biasanya adalah ketika mereka merasa lapar. Ketika kucing kelaparan dan tidak menemukan sesuatu untuk dimakan, maka akan menjadi agresif untuk mencari makanan entah itu mencuri makanan kucing lain atau memasuki rumah asing yang tidak dikenal.

Baca Juga : Cara Melakukan Transisi Makanan Kucing Peliharaan

Ketika mencuri makanan dari kucing lain, tentu saja kucing yang memiliki makanan tersebut tidak akan membiarkannya. Selain itu jika kucing memasuki rumah asing dan kebetulan rumah tersebut juga memiliki kucing yang dipelihara tentu saja hal ini juga akan menimbulkan perkelahian diantara keduanya. 

Perkenalan Antar Kucing

Terkadang perkelahian antar kucing tidak hanya disebabkan karena masalah tertentu seperti diatas, namun sebuah perkenalan antara kedua kucing berbeda juga bisa terlihat seperti perkelahian. Ketika kucing kedatangan teman baru mereka cenderung kurang bersahabat, namun setelah beberapa teriakan dan pergulatan mereka akhirnya menjadi rukun.

Perkenalan Antar Kucing

Kedua kucing tersebut akan terlihat seperti sedang bergulat, saling mengejar dan mengeluarkan suara yang agak keras. Hal ini termasuk dalam perkenalan awal antar kucing, jadi catlovers tidak perlu khawatir. Perkelahian ini tidak akan berlangsung lama, dan setelah beberapa hari mereka akan menjadi teman dan biasa saja seperti tidak terjadi apa-apa.

Kucing Hamil

Kucing betina yang sedang dalam posisi hamil akan berbeda dari biasanya, mereka akan menjadi lebih agresif jika bertemu kucing lainnya. Beberapa kucing akan menjadi lebih galak dan menjadi lebih mudah marah dan bahkan mereka bisa saja berkelahi dengan kucing yang mendekat pada mereka.

Baca Juga : Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Kehamilan Kucing

Hal tersebut disebabkan karena hormon yang dihasilkan dari kucing yang sedang hamil, selain itu mereka juga bersifat protektif dengan calon anak yang akan dikeluarkan. Ketika mereka merasakan adanya ancaman, tentu saja mereka akan menjadi lebih galak dan mencoba menyerang.

Itulah beberapa alasan atau penyebab perkelahian antar kucing yang bisa terjadi dimanapun. Ketika catlovers melihat kucing peliharaan catlovers atau kucing asing berkelahir atau berantem, tentu catlovers ingin memisahkan kedua kucing tersebut supaya tidak menimbulkan suara yang berisik. Berikut adalah beberapa hal yang bisa catlovers lakukan.

Tips Memisahkan Kucing yang Berkelahi

Jangan Memisahkan Kucing Secara Langsung

Ketika catlovers melihat ada kucing yang sedang berkelahi dan ingin memisahkannya, sebaiknya jangan dilakukan secara langsung karena ada resiko catlovers akan tercakar atau terluka. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengalihkan perhatian kedua kucing yang sedang berkelahi tersebut.

Tips Memisahkan Kucing Berkelahi

Beberapa cara yang bisa catlovers lakukan untuk mengalihkan perhatian kedua kucing tersebut adalah dengan menggunakan beberapa benda favorit kucing, makanan atau snack atau jika terpaksa catlovrs bisa membuat suara yang agak keras supaya kedua kucing tersebut terkejut dan berhenti berkelahi.

Menyemprotkan Air pada Kucing

Jika cara memisahkan sebelumnya tidak berhasil dan kucing masih terus berkelahi maka catlovers bisa menggunakan cara kedua ini. Cobalah untuk menyemprotkan air pada kedua kucing yang berkelahi itu. Pertama coba gunakan air sedikit saja, namun jika perkelahian tetap terjadi catlovers bisa menambahkan volume air yang disemprotkan hingga mereka berhenti berkelahi.

Melemparkan Handuk atau Kain pada Kucing

Ctalovers juga bisa mencoba melemparkan handuk atau kain yang tebal pada saat kucing sedang berkelahi, hal ini dilakukan untuk membuat kucing terkejut dan mengira ada kucing lain yang juga ikut berkelahi. Dengan begitu mereka akan menjauh dan memiliki jeda catlovers untuk memisahkan kedua kucing tersebut.

Baca Juga : Pembahasan Cacingan pada Kucing Peliharaan

Meletakkan Kucing pada Kandang yang Terpisah

Umumnya perkelahian antara kedua kucing dapat menarik perhatian kucing lainnya dan ikut menonton perkelahian tersebut. Hal ini akan menjadi masalah jika kucing lain ikut berkelahi, karena itu catlpovers harus memisahkan kucing dengan beberapa cara diatas dan selanjutnya memisahkan kedua kucing ini dengan kandang yang berbeda. berikutnya.

Membawa Kucing ke Dokter Hewan Terdekat

Apabila kucing yang catlovers pelihara bukanlah kucing yang suka berkelahi dan mendadak menjadi lebih agresif maka sebaiknya catlovers membawa kucing tersebut ke dokter untuk diperiksa. Akan sangat berbahaya jika kucing catlovers terkena virus rabies yang berbahaya untuk kucing dan juga manusia.

Dengan membawa kucing kedokter, maka catlovers akan lebih mengetahui kondisi kucing. Apakah mereka sedang sakit, terkena virus atau gangguan medis lainnya. Berikan informasi yang jelas pada dokter, dengan begitu dokter akan menjadi lebih mudah dalam memberikan perawatan dan melakukan diagnosa.

Itulah beberapa alasan kenapa kucing bertengkar atau berkelahi dan juga cara mengatasinya. Catlovers harus hati-hati dalam memisahkan kucing yang berkelahi, cari celah terlebih dahulu kemudian lakukan beberapa tips diatas. Semoga informasi yang diberikan kali ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Membuat Kucing Bertengkar dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel