Bolehkah Memandikan Anak Kucing yang Baru Lahir?

Dalam memberikan perawatan pada seekor kucing pasti catlovers memiliki banyak hal yang tidak diketahui dan ingin mencari tahu hal tersebut. Salah satunya mungkin adalah pertanyaan mengenai apakah boleh memandikan anak kucing yang baru lahir? Menurut saya pribadi hal ini boleh untuk dilakukan, namun ini bukanlah hal yang wajib karena memiliki beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.

Sebagian besar ahli atau pakar (orang yang sudah lama memelihara kucing) atauapun dokter berpendapat bahwa sebaiknya kucing yang baru saja lahir jangan dimandikan. Dari kata sebaiknya maka hal ini bukannya tidak boleh sama sekali ya, melainkan jangan dimandikan jika tidak dalam posisi harus memandikan anak kucing tersebut.

Memandikan Anak Kucing

Memandikan anak kucing yang baru saja lahir akan memiliki beberapa resiko jika tidak dilakukan oleh orang yang memiliki pengalaman. Ketika catlovers memutuskan untuk memandikan anak kucing kecil ini, maka catlovers harus melakukannya dengan sangat hati-hati dan tidak boleh melakukan kesalahan.

Pada artikel kali ini hal yang akan dibahas akan berkaitan dengan hal tersebut. Apa resiko memandikan anak kucing yang baru lahir, kapan waktu yang tepat untuk memandikan anak kucing dan beberapa hal lainnya. Supaya catlovers semuanya menjadi lebih jelas, silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Resiko Memandikan Anak Kucing yang Baru Lahir

Anak kucing yang baru saja lahir biasanya masih dalam kondisi yang sangat rapuh, apalagi pada bagian kulitnya. Mereka terlalu rentan sehingga sering mengalami masalah kulit jika kondisi lingkungan kurang bersih atau dalam kondisi tertentu seperti lembab dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, sistem tubuh anak kucing yang baru saja lahir juga pasti belum berkembang secara sempurna.

Jika catlovers mencoba memandikan anak kucing yang baru saja lahir dengan kondisi seperti diatas, maka beberapa resiko bisa terjadi. Umumnya memandikan kucing dengan air hangat akan membuat kucing lebih tenang, namun karena kulit anak kucing tersebut masih sangat sensitif maka hal yang ditakutkan adalah air yang diberikan akan terlalu panas meski catlovers merasa suhunya sudah tepat.

Resiko Memandikan Kucing Kecil

Hal ini juga berlaku untuk air dingin (air biasa). Anak kecil yang baru lahir tentu belum bisa mengatur suhu tubuh mereka secara sempurna, karena itu jika menggunakan air dingin dikhawatirkan anak kucing akan mengalami hipotermia (penurunan suhu tubuh secara drastis yang berpotensi berbahaya).

Tidak hanya itu saja, jika catlovers memandikan anak kucing dengan menggunakan shampo, maka akan ada kemungkinan juga menyebabkan ruam pada kulit anak kucing, dan beberapa dampak buruk lain. Hal tersebut akan membuat anak kucing menjadi kesakitan, karena itu membersihkan dengan kain basah lebih disarankan untuk menghindari beberapa resiko yang ada.

Baca Juga : Tahapan Perkembangan Anak Kucing Munchkin (Kaki Pendek)

Beberapa resiko tersebut tidak terjadi pada semua anak kucing, karena seperti yang catlovers tahu bahwa ketahanan setiap anak kucing itu berbeda. Saya pribadi juga pernah memandikan anak kucing usia 1 hari dan tidak terjadi apa-apa, karena itu saran bagi catlovers yang ingin mencoba memandikan anak kucing yang baru lahir adalah sangatlah berhati-hati.

JIka tujuan catlovers untuk menghindari jamur pada anak kucing, sebaiknya catlovers menjaga kebersihan lingkungan kandang terlebih dahulu. Jika tempat anak kucing sudah bersih, daripada memandikan anak kucing sebaiknya catlovers memandikan induk kucing yang menyusuinya. Hal ini dikarenakan semua penyakit yang masuk pada anak kucing pasti berasal dari lingkungan dan juga induk mereka.

Usia yang Tepat untuk Memandikan Anak Kucing

Lalu, usia berapakah anak kucing layak untuk dimandikan? Menurut beberapa informasi yang ada pada penelusuran, sebaiknya catlovers memandikan anak kucing saat usia mereka mencapai 8 minggu atau 2 bulan. Pada usia ini, daya tahan tubuh kucing sudah mulai terbentuk dengan baik meski belum bisa dikatakan sempurna.

Usia Kucing Dimandikan

Anak kucing pada usia ini bisa dimandikan menggunakan air hangat atau dingin, namun yang perlu catlovers perhatikan adalah suhu air yang digunakan untuk memandikan kucing. Lakukan semua proses yang ada secara perlahan dan hati-hati, buat anak kucing senyaman mungkin dengan kondisi yang ada.

Baca Juga : Siklus Umur Kucing Selama Hidup Mereka

Jika usia anak kucing belum genap dua bulan, misalnya masih 1 bulan atau 1,2 bulan maka sebaiknya catlovers membersihkan anak kucing dengan menggunakan tisu basah. Lakukan pengelapan pada tubuh anak kucing yang kotor, bersihkan dengan teliti dan hati-hati agar anak kucing menjadi bersih dan bebas dari resiko lainnya.

Cara Memandikan Anak Kucing

Supaya catlovers semuanya tidak salah dalam memandikan anak kucing, ada beberapa tips yang bisa catlovers lakukan. Faktor penting dan juga utama dalam memandikan anak kucing adalah memastikan anak kucing tersebut sedang dalam kondisi bagus atau tidak sakit sama sekali.

Cara Memandikan Kucing

Selain kondisi anak kucing, hal lain yang perlu catlovers perhatikan adalah waktu atau jam saat ingin memandikan anak kucing. Waktu yang ideal untuk memandikan anak kucing adalah pada jam pagi hingga jam 4 sore, pada jam inilah suhu masih baik untuk memandikan kucing. Jika catlovers memandikan anak kucing dibawah atau diatas jam tersebut, maka suhu atau udara akan lebih dingin.

Baca Juga : Tips Merawat Kucing Tanpa Menggunakan Kandang

Karena anak kucing masih tergolong rentan, suhu jelas sangat berpengaruh untuk kesehatan mereka. Hal ini juga berlaku untuk air yang digunakan mandi anak kucing, sesuaikan air yang digunakan dengan suhu tubuh anak kucing. Jangan terlalu panas atau terlalu dingin supaya aman untuk anak kucing tersebut.

Basuhlah anak kucing secara perlahan, jangan memasukkan anak kucing kedalam ember (berendam seperti kucing dewasa) karena hal ini masih kurang aman. Basahi anak kucing dengan perlahan, jika proses memandikan sudah selesai segera keringkan anak kucing menggunakan handuk. Untuk masalah shampo, sebaiknya catlovers menggunakan shampo khusus untuk kitten.

Penuhi Asupan Nutrisi Anak Kucing dengan Baik

Anak kucing yang baru lahir atau masih kecil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari kucing dewasa, hal ini dikarenakan mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan memberikan makanan yang berkualitas untuk anak kucing, maka pertumbuhan yang ada tentu akan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Kucing yang Masih Kecil

Salah satu penyebab hipotermia pada anak kucing adalah dimandikan dengan air yang dingin, namun selain itu juga ada penyebab lainnya yaitu kurangnya asupan nutrisi yang anak kucing dapatkan. Asupan nutrisi sangatlah penting untuk anak kucing, jadi catlovers harus selalu memperhatikan hal ini.

Makanan kucing yang memiliki kandungan kolostrum juga sangat baik untuk anak kucing, kandungan tersebut akan membuat sistem imun anak kucing menjadi lebih baik dan mereka akan terlindung dari berbagai macam penyakit. Beberapa makanan kucing premium sangat layak untuk digunakan dalam masa perkembangan anak kucing, jadi catlovers harus menentukan sesuai kebutuhan catlovers.

Jadi, berdasarkan informasi diatas tentunya catlovers sudah paham jika sebaiknya jangan memandikan anak kucing yang baru lahir karena ada beberapa resiko yang bisa terjadi. Jika keadaan memaksa harus memandikannya maka lakukan dengan sangat hati-hati. Demikian informasi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Bolehkah Memandikan Anak Kucing yang Baru Lahir?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel