Langkah Menghentikan Kucing Mengeong Berlebihan

Terkadang, kucing mengeong berlebihan akan sangat mengganggu pemilik kucing karena suaranya yang keras dan dalam waktu yang lama. Namun tentunya catlovers semua juga mengerti bahwa mengeong merupakan cara kucing berkomunikasi dengan anggota keluarganya yang ada dirumah.

Mengeong pada kucing sama halnya dengan manusia berbicara, jadi itu merupakan salah satu cara mereka berkomunikasi dengan kita. Mungkin beberapa kucing bisa menggunakan isyarat tubuh atau juga beberapa gerakan untuk berkomunikasi dengan pemiliknya, namun tentu saja tetap disertai dengan suara tertentu.

Kucing Mengeong Terus Terusan

Memahami suara dari kucing peliharaan memang perlu untuk catlovers lakukan, dengan begitu catlovers bisa mencegah kucing mengeong secara berlebihan karena mengerti apa yang mereka maksudkan. Bagi yang sudah memelihara kucing lumayan lama kemungkinan besar sudah agak mengerti beberapa bahasa kucing dari kebiasaan mereka, jadi semuanya hanya masalah waktu.

Mungkin dari pengamatan yang dilakukan kucing sendiri, kita manusia akan lebih mudah paham suara dibandingkan dengan bahasa tubuh. Karena itulah mereka juga lebih suka untuk menggunakan suara daripada gerakan. Supaya catlovers semuanya lebih jelas, silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Kucing Berkomunikasi dengan Manusia

Mengeong adalah cara kucing untuk berbicara, jadi ketika kucing peliharaan catlovers mengeong maka mereka pasti berusaha untuk menyampaikan sesuatu seperti halo, hai, aku sedang lapar, ayo main, tolong beri aku perhatian dan beberapa obrolan lain yang mungkin untuk mereka sampaikan.

Cara Kucing Berkomunikasi

Suara yang dikeluarkan oleh anak kucing biasanya akan meniru bagaimana anak kucing tersebut berkomunikasi dengan induknya. Hal tersebut karena mereka menganggap catlovers sebagai induk mereka (orang tua), seperti yang dilakukan anjing peliharaan.

Baca Juga : Bolehkan Memandikan Anak Kucing yang Baru Lahir?

Anak kucing akan sangat bergantung pada pemiliknya mengenai makanan dan juga kenyamanan mereka, hal ini sama halnya mereka bergantung pada induknya. Kucing peliharaan yang sudah terbiasa ada disekitar manusia cenderung lebih suka untuk mengeluarkan suara daripada gerakan tubuhnya, akan tetapi mereka juga juga akan menggunakan berbagai cara untuk berkomunikasi.

Mengapa Anak Kucing Mengeong Berlebihan?

Kucing mengeluarkan suara seperti mengeong pasti memiliki alasan tersendiri. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti mereka merasa takut, khawatir, merasa asing, dan juga beberapa hal lainnya. Ini merupakan penyebab yang umum, namun apabila kucing yang biasanya diam menjadi mengeong berlebihan bagaimana?

Anak Kucing Mengeong

JIka kucing catlovers lebih sering mengeong daripada biasanya dan catlovers tidak mengetahui apa penyebabnya, lebih baik catlovers segera membawa kucing catlovers ke dokter. Hal ini dilakukan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mereka atau kondisi kucing yang dimana kemungkinan tidak catlovers ketahui.

Baca Juga : Nutrisi yang Bagus untuk Anak Kucing Kecil

Mengeong secara berlebihan merupakan salah satu cara kucing mendapatkan apa yang mereka inginkan. Hal ini sama yang dilakukan oleh anak kecil, mereka akan menangis ketika menginginkan sesuatu. Cara ini termasuk cara kucing berkomunikasi dengan keluarga mereka, jadi catlovers harus lebih peka terhadap hal ini.

Kebiasaan yang dilakukan kucing ini mungkin akan terus berulang, hal ini dikarenakan mereka tahu bahwa dengan merengek maka pemiliknya akan memberikan apa yang mereka inginkan. Kucing bisa mengeong sepanjang hari, tentu saja hal ini akan mengganggu. Karena itu kebiasaan ini harus dihentikan.

Cara Menghentikan Kebiasaan Mengeong Kucing

Jangan Membentak Kucing

Catlovers jangan pernah mencoba untuk membentak kucing ketika mereka mengeong berlebihan. Membentak kucing akan membuat catlovers sendiri menjadi emosi, selain itu sudah bisa dipastikan kucing tidak akan paham dengan apa yang catlovers lakukan. Hal yang mungkin terjadi adalah kucing akan menjadi takut pada catlovers dan ada kemungkinan menjadi trauma.

Beberapa kucing terkadang malah berfikir sebaliknya, mereka berfikir bentakan yang ada adalah respon positif sehingga membuatnya menjadi lebih sering mengeong. Ketika hal ini terjadi, maka kucing tersebut berarti berfikir sebaliknya dari apa yang catlovers pikirkan.

Baca Juga : Perawatan Harian yang Wajib untuk Kucing

Dengan catlovers membentak mereka, maka mereka mengira mendapatkan perhatian dari catlovers. Jika mereka teruskan hal tersebut maka catlovers akan segera memberikan apa yang mereka mau. Tidak semua kucing begini ya, jadi catlovers harus mulai bisa memahami kucing yang ada dirumah.

Cari Tahu Apa Penyebabnya

Catlovers harus memastikan kondisi kucing terlebih dahulu, apakah kucing catlovers tersebut sedang sakit atau bahkan stress. Pengecekan kesehatan kucing sendiri merupakan hal yang lumayan sulit, hal ini dikarenakan kucing sangat pinter dalam menyembunyikan rasa sakit mereka.

Hal pertama yang bisa catlovers lakukan adalah dengan mengangkat tubuh kucing, setelah itu perhatikan reaksi kucing tersebut. Catlovers harus memastikan kucing tidak buang kotoran sembarangan, karena hal itu merupakan salah satu tanda kucing sedang stress. Kalau catlovers tidak yakin dengan kondisi kucing, maka sebaiknya catlovers memeriksakan kucing ke dokter.

Penyebab Kucing Mengeong

Kalau pemeriksaan sudah dilakukan dan kondisi kucing sudah diketahui, maka selanjutnya hal yang catlovers harus sediakan adalah makanan yang selalu siap pada tempat makanan mereka. Kucing yang lapar akan mengeong ketika tidak ada makanan entah itu siang atau malam, jadi catlovers harus selalu sedia makanan untuk mereka.

Selain makanan, catlovers juga harus selalu menyediakan air minum untuk kucing dari waktu ke waktu. Air minum sangatlah penting untuk kucing peliharaan, apalagi jika makanan utama kucing tersebut adalah makanan kering. Jangan lupa untuk mengganti air minum 2 hari sekali supaya air yang diberikan pada kucing selalu bersih.

Baca Juga : Rekomendasi Vitamin dan Suplemen Kucing Murah

Jaga kebersihan litter box yang digunakan oleh kucing dirumah. Hal ini dilakukan supaya kucing tetap mau menggunakannya dan menghindari resiko bakteri dari kotoran yang bisa membuat kucing sakit. Jangan lupa berikan mainan untuk kucing, jadi ketika catlovers sibuk dan tidak bisa mengajaknya bermain, mereka bisa main sendiri dengan mainan tersebut.

Cobalah untuk Membiarkan Kucing

Jika beberapa langkah diatas sudah dilakukan dan kucing masih saja mengeong berlebihan, maka hal yang perlu catlovers coba adalah tidak peduli dengan suara yang kucing keluarkan dan membiarkannya saja. Hal ini memang mudah untuk dikatakan, namun sebenarnya membiarkannya adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sama halnya dengan anak kecil. Kucing ini akan tetap mengeong sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Maka dari itu, catlovers harus mulai membiasakan untuk membuat mereka diam lebih dahulu baru mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Baca Juga : Bahaya Paracetamol untuk Kucing Peliharaan

Cobalah untuk memberikan makanan dalam jumlah sedikit ketika mereka mulai mengeong berlebihan. Lalu ketika kucing menjadi diam, berikan makanan tambahan. Biasakan hal ini pada kucing yang ada dirumah, dengan begitu secara perlahan mereka akan mulai terbiasa dan mengerti apa yang catlovers maksud.

Gunakan Beberapa Benda atau Tindakan

Cara menghentikan kucing mengeong berlebihan juga bisa menggunakan beberapa benda yang beberapa catlovers percayai bisa berguna. Salah satu yang bisa catlovers coba adalah dengan memercikkan air pada kucing yang sedang mengeong berlebihan. Percikkan air dalam jumlah sedikit, kemudian tunggu respon dari kucing tersebut.

Tips Membuat Kucing Menjadi Menurut

Sangat banyak sekali cara yang bisa catlovers semuanya coba. Misalkan dengan meniup wajah kucing, jangan terlalu keras ketika memberikan tiupan. Cukup berikan tiupan pelan pada bagian wajah mereka dan catlovers bisa lihat bagaimana hasilnya. Memberikan gendongan juga bisa membuat kucing menjadi lebih tenang.

Baca Juga : Cara Melatih Kucing Menjadi Penurut dengan Pemiliknya

Berikan waktu luang untuk mengajak kucing bermain, dengan begitu hubungan catlovers dengan kucing peliharaan akan menjadi semakin dekat. Cobalah lebih dekat dengan kucing, apalagi dengan kucing yang baru saja diadopsi. Kucing baru cenderung akan rewel, jadi buatlah mereka lebih tenang dengan membuat hubungan dari awal.

Lakukan Pencegahan Sebelum Kucing Mengeong

Mencegah lebih baik daripada mengobati, hal inilah yang perlu catlovers lakukan pada kucing peliharaan yang ada dirumah. Sebelum kucing mulai mengeong dan melakukan hal menyebalkan yang membuat catlovers kesal, maka lakukan beberapa pencegahan supaya hal ini tidak terjadi.

Sama halnya dengan anak kecil, ketika mereka diberikan beberapa aktivitas yang lumayan lama maka mereka pasti akan kelelahan dan ingin istirahat, hal ini juga berlaku untuk kucing. Hal ini juga menjadi salah satu trik untuk membuat kucing tidur lebih lama daripada biasanya.

Sekitar waku akan istirahat, ajaklah kucing untuk melakukan beberapa permainan yang catlovers rasa bisa membuatnya agak kelelahan. Beberapa permainan berat seperti lempar tangkap, bermain menggunakan tali, dan beberapa permainan lain akan membuat kucing mengeluarkan energi mereka lebih banyak dari biasanya.

Setelah dirasa cukup, berikan kucing beberapa makanan atau snack yang mereka sukai, hal ini akan membuat kucing menjadi kenyang dan cepat beristirahat. Jangan lupa untuk menyediakan mainan disebelah kucing untuk mengalihkan perhatian jika mereka mendadak terbangun di tengah malam.

Cara ini sangat efektif untuk kucing yang sudah biasa hidup dilingkungan rumah tanpa dikandangkan. Namun, bagi catlovers yang masih memelihara kucing menggunakan kandang juga masih bisa mencobanya dirumah. Biasakan rutinitas ini sampai kucing terbiasa, dengan begitu kucing akan menjadi lebih tenang.

Terkadang kucing memang sering membuat pemiliknya menjadi kesal, namun yang perlu catlovers ketahui adalah mereka hanya ingin diperhatikan. Catlovers harus memiliki komitmen dan kesabaran ekstra, dengan begitu memelihara kucing akan menjadi lebih mudah. Demikian informasi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Langkah Menghentikan Kucing Mengeong Berlebihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel