Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Ketika catlovers sudah memutuskan untuk memelihara seekor kucing maka catlovers mulai harus belajar mengenai cara merawat kucing dengan baik dan benar. Selain catlovers harus memahami bagaimana cara menjaga kebersihan kucing dan juga kesehatannya, catlovers juga harus memahami karakter dari kucing yang dipelihara.

Masalah kesehatan yang dialami oleh kucing tidak hanya bagaimana kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dan kebersihan kucing itu sendiri, namun juga tergantung dari beberapa faktor lain seperti makanan dan juga kesenangan kucing. Kebutuhan nutrisi kucing harus terpenuhi dari makanan yang diberikan, jadi makanan itu sangat penting untuk kucing.

Kucing Gak Mau Makan

Jika catlovers menginginkan kucingnya tumbuh dengan baik, maka catlovers harus memperhatikan kebutuhan nutrisi kucing tersebut. Kebutuhan nutrisi kucing sendiri mencakup mulai dari makanan, vitamin dan beberapa hal lain yang dikonsumsi. Pada saat tertentu, pasti ada kalanya kucing mengalami penurunan nafsu makan atau bahkan kucing tidak mau makan, apa penyebabnya?

Ketika catlovers mengetahui kucing kesayangannya tidak mau makan maka catlovers pasti bingung dan segera mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Jika catlovers mengalami hal ini maka catlovers jangan panik, dibawah ini ada beberapa informasi mengenai penyebab kucing tidak mau makan dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Beberapa permasalahan bisa membuat kucing mengalami penurunan nafsu makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali, dari sekian banyak masalah yang ada tersebut, diantaranya adalah dibawah ini:

Kucing Stress

Kucing yang tidak mau makan tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan yang ada pada kucing tersebut. Terkadang beberapa faktor lain juga bisa berpengaruh seperti kecemasan dan juga depresi yang berujung stress pada kucing itu sendiri. Ketika kucing stress, tentu saja kucing akan mengalami penurunan nafsu makan dan bahkan mungkin kucing juga tidak mau makan sama sekali.

Kucing Stress

Karena hal inilah catlovers juga harus paham mengenai ciri kucing stress yang bisa terjadi pada kucing peliharaannya. Ciri yang paling umum ketika stress adalah mereka akan lebih sering mengeong dan juga melakukan grooming secara berlebihan. Jika hal tersebut terjadi pada kucing, maka segera berikan penanganan dengan memberikan perhatian pada mereka.

Pasca Vaksinasi Kucing

Apakah catlovers baru saja memberikan vaksin pada kucingnya? Vaksinasi pada kucing juga bisa menjadi salah satu penyebab kucing mengalami penurunan nafsu makan, namun dalam kasus yang lebih berat kucing juga bisa tidak mau makan sama sekali. Hal ini memang umum terjadi karena pasca vaksinasi kucing terkadang mengalami kondisi drop.

Baca Juga : Jenis Vaksin Kucing Beserta dengan Informasinya

Vaksin memang sangatlah penting untuk kucing, hal ini dikarenakan dengan vaksinasi kucing akan lebih memiliki ketahanan terhadap virus tertentu dan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Pemberian vaksin pada kucing sejak dini sangat disarankan, namun terkadang beberapa efek samping bisa muncul setelah vaksin diberikan.

Pasca vaksinasi, kucing seringkali mengalami kondisi drop, dimana pada masa ini kucing akan mengalami penurunan nafsu makan, demam dan terlihat lemas. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi kucing yang kurang fit, namun untuk kucing yang dalam keadaan baik hal ini tidak akan terjadi.

Kucing Pindah Tempat Tinggal (Lingkungan Baru)

Bagi catlovers yang pernah mengadopsi kucing dari seorang breeder pasti pernah mengalami hal ini. Perpindahan tempat tinggal untuk kucing akan membuat kucing mengulang kebiasaan mereka dari awal, adaptasi dengan lingkungan dan orang baru ini terkadang akan membuat kucing tidak mau makan pada awal perpindahannya.

Pada awal kucing menempati rumah barunya, kucing pasti akan merasa asing dengan semua hal yang ada. Bagi kucing yang mudah beradaptasi mungkin hal ini tidak menjadi masalah, namun untuk kucing yang sulit beradaptasi terkadang dibutuhkan waktu beberapa hari untuk membuat mereka menjadi terbiasa dengan situasi yang ada.

Masalah Pencernaan Kucing

Penyebab kucing tidak mau makan selanjutnya adalah adanya masalah pencernaan yang terjadi pada kucing. Masalah pencernaan ini bisa mencakup berbagai hal mulai dari perut, usus, atau bagian lain yang berhubungan dengan sistem pencernaannya. Ketika hal ini terjadi maka kucing tentu akan merasa ada sesuatu yang aneh pada tubuhnya dan membuatnya menjadi tidak mau makan.

Masalah Pencernaan Kucing

Ketika masalah pencernaan kucing terganggu, mereka mungkin akan mengalami sakit perut, diare atau bahkan muntah. Beberapa efek lain mungkin juga bisa terlihat seperti lemas atau kucing terlihat sakit, tingkatannya pun juga bervariasi mulai dari ringan hingga berat, karena itu catlovers harus berhati-hati dengan hal ini.

Masalah pada Gigi Kucing

Selain masalah pencernaan, hal lain yang bisa menyebabkan kucing tidak mau makan adalah masalah pada gigi mereka. Tidak hanya manusia saja yang bisa sakit gigi, namun kucing pun juga bisa. Sakit gigi kucing pun bisa disebabkan oleh banyak hal dan tentunya hal ini sangat berkaitan erat dengan makanan yang mereka konsumsi.

Ketika kucing sakit gigi, kemungkinan ada rasa nyeri pada bagian gigi atau gusinya, karena rasa sakit ini maka kucing menjadi tidak mau makan. Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi adalah peradangan gusi, abses pada gigi, atau nyeri pada bagian tertentu. Dan sama halnya dengan manusia, tentu saja ketika sakit gigi catlovers sendiri pasti enggan untuk makan.

Rasa Makanan yang Diberikan pada Kucing

Bagi catlovers yang sudah lumayan lama memelihara kucing, tentunya mengetahui jika kucing bisa makan satu merk makanan yang diberikan padanya dalam waktu yang lama, bisa berbulan-bulan atau bahkan tahun. Namun, ketika semuanya berjalan lancar mendadak mereka bisa berhenti menyukai makanan tersebut karena beberapa alasan.

Penyebab pertama mungkin karena kucing degan rasa makanan tersebut dan meminta catlovers untuk memberikan variasi lain atau mengganti makanannya dan kemungkinan kedua adalah perubahan rasa yang terjadi pada makanan kucing tersebut. Terkadang produsen makanan kucing juga bisa mengganti bahan atau rasa pada makanannya, dan inilah yang bisa menjadi penyebab kucing menjadi tidak suka.

Bentuk atau Tekstur Makanan yang Diberikan

Selain dari rasa makanan yang diberikan, kucing juga sangat peka terhadap bentuk dan juga tekstur makanan itu. Beberapa kucing mungkin akan menghafal bentuk makanan yang diberikan, dan ketika bentuk makanan tersebut berubah mereka akan menjadi tidak menyukai makanan tersebut meski dengan rasa yang sama.

Hal tersebut juga sama dengan tekstur, mereka akan hafal degan tekstur makanan mulai dari renyah, kering atau basah. Mereka akan sangat sensitif terhadap makanan mereka, ketika makanan yang diberikan sudah tidak layak atau kadaluwarsa tentu saja kucing akan tidak mau memakan makanan yang diberikan tersebut. 

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Setelah catlovers tahu tentang hal yang menyebabkan kucing tidak mau makan, maka tentu catlovers juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi kucing yang mogok makan tersebut. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa catlovers lakukan untuk mengembalikan nafsu makan kucing.

Berikan Makanan Favorit Kucing

Setiap kucing pasti memiliki makanan favorit yang diketahui oleh pemilik kucing itu sendiri, makanan ini pun juga tidak diberikan setiap hari karena mungkin harganya yang mahal atau faktor lainnya. Pada saat kucing catlovers mengalami penurunan nafsu makan, maka mungkin inilah saat yang tepat untuk memberikan makanan favorit kucing catlovers tersebut.

Baca Juga : Cara Mengganti Makanan Kucing dengan Benar

Ketika kucing mengalami penurunan nafsu makan, memberikan makanan favorit mereka tentu saja kan bisa menjadi bersemangat untuk makan. Selain itu, catlovers juga bisa mencoba memberikan kucing dengan snack yang mereka sukai untuk memulihkan nafsu makan yang turun tersebut.

Memancing Nafsu Makan Kucing

Seperti yang catlovers ketahui, wet food atau makanan basah sangat disukai oleh hampir semua kucing. Namun, makanan ini sangat jarang digunakan sebagai makanan utama karena dikatakan bisa membuat masalah pada gigi kucing ketika diberikan dalam jumlah yang banyak atau rutin.

Mengatasi Kucing Gak Mau Makan

Makanan basah sering digunakan untuk makanan selingan, dan tentunya makanan ini sangat berguna dalam memancing nafsu makan kucing yang sedang menurun. Hal ini sangat sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang memelihara kucing, karena tekturnya yang lembut sangat disukai kucing dan membuat kucing mudah untuk memakannya.

Ketika nafsu makan kucing terlihat menurun, maka catlovers bisa mencoba memberikan makanan basah pada mereka untuk 2-3 hari pemberian makan. Ketika dalam masa tersebut nafsu makan kucing sudah terlihat membaik maka pada hari keempat catlovers bisa menggantinya dengan dry food atau makanan kering kembali.

Pilih Makanan Kucing dengan Aroma Kuat

Beberapa merk makanan kucing pasti memiliki karakter yang berbeda dan rasa yang berbeda, dan hal ini juga termasuk dalam aroma makanan tersebut. Pada saat kucing mengalami penurunan nafsu makan, cobalah catlovers berikan makanan kucing dengan aroma yang kuat untuk membantu kucing memulihkan nafsu makan mereka.

Campur Makanan yang Diberikan pada Kucing

Sama halnya dengan beberapa hal yang sudah dijelaskan pada bagian atas tadi, ada kemungkinan kucing akan bosan dengan makanan yang catlovers berikan. Ketika hal ini terjadi maka mengganti makanan kucing bukanlah satu-satunya jalan yang harus dilakukan, karena catlovers juga bisa melakukan mix atau mencampur makanan kucing biasanya.

Mencampur makanan kucing ini akan memberikan rasa yang berbeda pada makanan kucing, dengan begitu hal ini juga bisa meningkatkan nafsu makan kucing itu sendiri. Catlovers bisa mencampur makanan kering dan juga makanan basah pada pemberiannnya, namun kombinasi makanan kering dengan kering juga bisa dilakukan.

Berikan Suasana Baru untuk Kucing

Suasana yang ada pada lingkungan kucing tinggal juga bisa menjadi faktor nafsu makan kucing. Catlovers bisa mencoba mengganti suasana lingkungan kucing tinggal atau suasana ketika kucing makan, hal ini bisa sangat bervariasi mulai dari perpindahan kandang, tempat makan yang baru atau juga kondisi saat kucing makan.

Hal pertama yang bisa dicoba adalah mengganti kondisi atau kebiasaan kucing saat makan. Jika kucing biasanya makan didalam kandang, maka catlovers bisa mulai melepaskan kucing disebuah ruangan, selain itu jika kucing catlovers lebih dari satu maka catlovers bisa membuat semua kucing tersebut makan bersamaan pada waktu yang sama.

Berikan Waktu Luang untuk Kucing

Stress yang terjadi pada kucing bisa menjadi faktor penyebab kucing tidak mau makan sama sekali, karena itu jagalah kucing catlovers untuk tidak stress. Stress pada kucing bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari kondisi lingkungan kucing tinggal, dan juga kurang perhatian yang diterima oleh kucing itu sendiri.

Dalam hal ini, catlovers harus bisa meluangkan waktu untuk kucing peliharaan dirumah. Jika biasanya catlovers tidak pernah mengajak kucing bermain, maka mulailah mengajaknya bermain atau melakukan beberapa kegiatan lain yang bisa membuat kucing menjadi senang. Dengan membuat mood kucing menjadi lebih baik maka nafsu makan kucing tentunya juga akan berubah.

Berikan Vitamin pada Kucing

Beberapa upaya yang bisa diberikan pada kucing terlepas dari kondisi kesehatan dan juga lingkungan yang ada adalah pemberian vitamin pada kucing. Vitamin yang bisa diberikan pada kucing sangatlah banyak sekali dan semuanya memiliki fungsi yang berbeda tergantung kebutuhan kucing.

Vitamin untuk Kucing Peliharaan

Karena pada hal ini kucing yang dibahas adalah penurunan nafsu makan maka pilihlah vitamin yang berguna untuk menambah nafsu makan kucing. Beberapa vitamin yang biasa diberikan pada manusia juga bisa diberikan pada kucing, namun sebelum memberikannya pada kucing sebaiknya catlovers mencari informasi terlebih dahulu dari forum atau catlovers lain yang pernah menggunakannya.

Periksakan Kucing ke Dokter Hewan

Sangat penting untuk mengetahui apa penyebab kucing yang tidak mau makan, namun hal ini terkadang sangat terbatas karena informasi yang ada dan juga pengetahuan kita. Jika semua hal diatas sudah catlovers coba dan nafsu makan kucing tetap tidak bertambah atau kucing masih tidak mau makan maka kemungkinan kucing sedang sakit.

Penyakit kucing sendiri sangatlah banyak dan beberapa penyakit tersebut harus membutuhkan penanganan dari ahli. Ketika catlovers tidak bisa mengetahui penyakit tersebut dengan pasti, maka segera periksakan kucing ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Kucing dengan penyakit yang tidak biasa bisa menyebabkan hal yang berbahaya karena penanganan yang diberikan tidak sesuai, karena itu dalam hal ini pemeriksaan dari dokter sangat dibutuhkan untuk mendapatkan obat dan juga perawatan. Jelaskan apa yang catlovers ketahui pada dokter, dengan geitu dokter akan lebih mudah untuk menentukan penyakit dan obat yang diperlukan.

Setiap kucing memiliki karakter dan tingkat kesehatan yang berbeda, jadi penanganan yang diberikan antara kucing satu dengan yang lain sudah pasti akan berbeda. Pahami kucing catlovers, karena hal ini akan mempermudah semua perawatan yang ada. Demikian informasi mengenai penyebab kucing tidak mau makan dan cara menanganinya, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga  bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel