Tips Memilih Kucing Peliharaan yang Tepat

Tidak bisa dipungkiri jika kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang favorit untuk semua kalangan yang ada. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya permintaan adopsi kucing ras yang sangat banyak sekali. Bahkan banyak juga orang yang menginginkan untuk memelihara kucing domestik (kucing kampung) untuk teman dirumah.

Banyak sekali jenis ras kucing yang ada didunia ini, tidak hanya ras lama saja. Namun karena banyak breeder yang mengembangkan ras kucing maka beberapa eksperimen pun akhirnya dilakukan dan menjadikan beberapa ras kucing baru terlahir. Dengan banyaknya ras baru ini, maka tentu saja akan menambah minat catlovers untuk memelihara kucing dirumah.

Tips Memilih Kucing

Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing dirumah, banyak sekali hal yang harus dipikirkan. Pertama, catlovers harus bisa menjalin hubungan dengan kucing tersebut dan juga memilih kucing yang sesuai dengan catlovers sendiri. Hal ini sangatlah penting untuk dipikirkan, karena membawa kucing kerumah berbeda dengan membawa HP baru untuk digunakan.

Banyaknya jenis kucing yang ada membuat mereka memiliki sifat dan juga karakter yang berbeda pula. Hal ini tentu akan lebih menyulitkan catlovers untuk menentukan jenis ras kucing apa yang akan dipelihara. Karena itulah, maka dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu catlovers dalam menentukan kucing apa yang bisa dijadikan teman dirumah.

Tips Menentukan Kucing Peliharaan untuk Keluarga

Kitten atau Adult?

Sebelum mengadopsi kucing, catlovers harus menentukan apakah catlovers harus mengadopsi kucing yang masih kitten (masih kecil) atau kucing yang adult (sudah dewasa). Diantara keduanya, semuanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing untuk dipelihara, mulai dari biaya adopsi, karakter dan juga beberapa hal lainnya.

Kitten memiliki karakter yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, menggemaskan, ceria dan juga penuh dengan energi. Namun terkadang, kitten juga bisa berubah menjadi menjengkelkan karena mereka selalu menuntut pengawasan dan juga perharian dari pemiliknya unttuk menjaga mereka.

Memelihara Kucing Kecil atau Kucing Besar?

Perilaku seekor kitten tidak mudah untuk ditebak, karakter seperti apa yang akan dibentuknya ketika mereka tumbuh menjadi dewasa. Jika catlovers memutuskan untuk mengadopsi kitten, maka catlovers harus memiliki kesabaran dan juga ketelatenan untuk mengurus mereka.

Perawatan dan juga pembangunan karakter kitten yang baik dan penuh perharian tentu akan sangat membantu menjadikannya kucing yang catlovers inginkan. Berbeda dengan kucing adult yang karakternya sudah terbentuk dengan baik, sifat mereka cenderung akan sulit untuk dirubah.

Baca Juga : Tahapan Perkembangan Kucing Munchkin yang Perlu Diketahui

Kebanyakan kucing yang sudah dewasa akan memiliki karakter yang kalem, tidak banyak beraktivitas dan juga tidak begitu nakal. Untuk kucing dewasa, apa yang catlovers lihat itu adalah aslinya, jadi jika mereka adalah kucing yang manja maka mereka akan selalu menjadi kucing manja. Karena itu, jika catlovers menginginkan kucing dengan karakter yang sudah matang maka pilihlah kucing adult.

Masalah Keluarga

Sebelum catlovers memelihara kucing, alangkah baiknya catlovers memikirkan anggota keluarga terlebih dahulu. Apakah dalam keluarga catlovers memiliki anak yang masih kecil atau tidak, karena kebanyakan anak kecil dan kucing tidak cocok untuk disatukan karena memerlukan pengawasan.

Kitten merupakan kucing yang masih rapuh, sedangkan anak kecil seringkali merasa gemas dengan anak kucing dan ingin bermain dengan mereka. Beberapa tindakan seperti memeluk, menaiki kucing dan beberapa tindakan lain seperti menarik ekor, telinga atau bulu mereka.

Hal tersebut tentu saja akan menyakiti kitten, dan kebalikannya. Jika hal tersebut dilakukan anak kecil pada kucing yang sudah dewasa maka mereka bisa bertindak untuk mempertahankan diri dengan mencakar atau bahkan menggigit anak kecil. Jadi hal ini malah akan berbahaya untuk anak kecil dirumah, dengan begitu catlovers harus lebih bijak dalam memilih antara kitten atau kucing dewasa.

Karakter dan Kepribadian Kucing

Sama halnya dengan manusia, masing-masing kucing pasti memiliki kepribadian yang berbeda antara kucing satu dengan lainnya. Hal ini tidak akan ada yang sama persis meski keduanya adalah ras kucing yang sama atau bahkan saudara sekandung dari induk yang sama pula.

Karakter dan Kepribadian Kucing

Terdapat kucing yang kelam dan juga ramah terhadap sentuhan dan belaian yang diberikan pemiliknya, namun ada juga kucing yang cuek atau acuh ketika mereka diberikan belaian oleh keluarganya. Kucing kalem akan lebih cocok dengan anak kecil, namun sifat ini terkadang juga diminati oleh orang dewasa apalagi perempuan.

Kebanyakan orang lebih suka dengan kucing yang tidak agresif karena bisa diajak untuk bermain dan bisa menemani ketika ada waktu luang. Sedangkan untuk kucing yang cuek, mereka lebih suka untuk bermain sendiri dan bila menginginkan belaian dari pemiliknya mereka baru akan datang menghampiri.

Baca Juga : Tips Memudahkan Menyikat GIGI Kucing Peliharaan

Kucing memiliki tingkat energi yang berbeda, ada yang sangat suka tidur dan bermalas-malasan namun ada juga yang suka untuk berjalan-jalan mengelilingi lingkungan rumah mereka. Beberapa karakter kucing memang diturunkan dari induk mereka atau tergantung dari ras kucing apa mereka dikawinkan.

Sebagai contoh adalah kucing persia yang memiliki karakter santai dan tidak begitu suka untuk beraktivitas. Berbanding terbalik dengan kucing bengal yang merupakan keturunan kucing hutan, mereka lebih aktif dan suka untuk bermain. Dari poin ini, tentunya catlovers juga harus sudah bisa menentukan karakter apa yang cocok untuk dijadikan peliharaan.

Berbulu Pendek atau Panjang?

Dalam menentukan kucing peliharaan, catlovers juga harus menentukan ukuran bulu mereka apakah panjang atau pendek? Perbedaan ukuran bulu ini akan sangat berhubungan dengan waktu yang harus diberikan dan juga perawatan rutin untuk kucing tersebut.

Kucing Bulu Pendek atau Bulu Panjang

Kucing berbulu panjang tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam hal perawatan bulu mereka, bulunya harus sering untuk disisir untuk menghindari kekusutan dan menjaga supaya tetap rapi. Namun, tidak semua kucing suka untuk disisir bulunya, apalagi jika mereka belum terbiasa dengan kegiatan ini.

Menyisir kucing juga harus membiasakan kucing terlebih dahulu, jika mereka sudah terbiasa maka kegiatan ini akan menjadi lebih mudah dilakukan. Alangkah baiknya kebiasaan ini dilakukan sejak dini (kucing masih kecil), dengan begitu mereka akan terbiasa dari kecil.

Baca Juga : Perawatan Harian yang Wajib Dilakukan Catlovers Semuanya

Terkadang, memotong bulu juga diperlukan untuk merapikan bulu kucing. Bagi beberapa catlovers yang tidak begitu memiliki waktu untuk merapikan bulu kucing, terkadang mereka lebih sering membawa kucing ke salon kucing (groomer) meski biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak daripada biasanya.

Berbeda dengan kucing yang berbulu pendek, waktu yang diperlukan untuk memberikan perawatan tidak sebanyak kucing berbulu panjang. Kegiatan menyisir tetap dilakukan sesekali untuk perawatan kesehatan bulu, membuang bulu mati ditubuh kucing dan menstimulasi kulit. Mandi juga diperlukan, namun tidak sesering kucing berbulu panjang.

Ras Murni atau Hasil Persilangan?

Banyak sekali jenis ras kucing yang ada didunia ini, ras ini pun juga dipilah menjadi dua, yaitu ras kucing murni dan juga ras kucing hasil persilangan. Ras kucing murni adalah ras kucing yang dalam perkawinannya hanya melalui satu ras saja, jadi tidak ada gen dari kucing ras lain yang masuk.

Ras Kucing Minuet

Sedangkan untuk ras kucing hasil persilangan merupakan kucing yang dihasilkan dari perkawinan dua ras kucing yang berbeda. Ras kucing ini biasanya disebut dengan ras kucing eksperimental bagi yang belum diakui oleh sebuah organisasi namun ras kucing persilangan juga sudah sangat banyak sekali yang sudah diakui dan dikembangkan oleh breeder kucing.

Sebelum memutuskan memelihara ras kucing apa, maka catlovers perlu untuk mencari informasi dengan jelas terkait ras kucing tersebut. Banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari karakter, kepribadian, tingkat perawatan yang harus diberikan, makanan khusus dan juga masalah kesehatan mereka.

Baca Juga : Cara Melatih Kucing Menjadi Lebih Penurut

Untuk ras kucing murni yang sudah lama ada biasanya sudah memiliki informasi yang jelas mengenai hal tersebut, namun untuk ras kucing hasil persilangan yang masih baru maka beberapa informasi terkadang tidak diketahui. Hal ini berkaitan dengan masalah kesehatan bawaan yang mungkin bisa berbahaya dan juga kelemahan lainnya.

Namun, meski terkadang banyak informasi yang mengatakan jenis ras kucing tertentu memiliki penyakit tertentu, hal ini tidak pasti akan terjadi dengan kucing yang catlovers pelihara. Kesehatan kucing akan selalu berbanding lurus dengan perawatan yang diberikan oleh pemiliknya, karena itu catlovers harus memberikan perawatan yang maksimal.

Hewan Peliharaan Lainnya

Apakah catlovers memiliki hewan peliharaan yang sudah ada dirumah? Jika sudah, maka catlovers harus mempertimbangkan kembali untuk membawa kucing kedalam rumah tersebut. Kucing akan bisa hidup dengan kucing lainnya, namun dibutuhkan waktu adaptasi yang memakan beberapa hari atau minggu.

Kucing dan Anjing

Anjing pun juga bisa tinggal bersama kucing dirumah, namun kembali lagi ke masa adaotasi yang dibutuhkan oleh kedua hewan tersebut. Ini merupakan hal yang tidak mudah, namun bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan. Ketika catlovers sudah memelihara seekor hewan, maka tentu saja hewan tersebut sudah senang dan nyaman dengan kondisi yang ada.

Dengan mendadak catlovers membawa kucing peliharaan baru, maka ada kemungkinan hewan lama akan membenci kedatangan kucing tersebut karena mengurangi jatah makanan, perhatian dari pemiliknya dan berbagai hal lain terkait masalah dalam pemeliharaan.

Baca Juga : Tips Merawat Kucing Peliharaan Tanpa Menggunakan Kandang

Ingat, semakin banyak kucing yang catlovers pelihara, maka semakin banyak juga kemungkinan untuk terjadi masalah. Beberapa masalah tersebut bisa meliputi pertengkaran, kucing stress, membuat keributan dan juga banyak urin dibuang sembrangan karena kucing melakukan spraying. Jadi, bagaimana pendapat catlovers?

Komitmen dan Tanggung Jawab

Pertimbangkan semua hal diatas dengan hati-hati, karena jika catlovers sudah memutuskan untuk memelihara seekor kucing, maka catlovers harus benar-benar dihadapkan dengan komitmen serta tanggung jawab dalam semua hal terkait perawatan, kesehatan, perhatian untuk kucing itu.

Merawat kucing itu tidak semudah kelihatannya, karena itu disini dibutuhkan tanggung jawab yang besar. Yang jelas adalah berikan selalu perhatian untuk kucing tersebut, ajak dia bermain dan melakukan aktivitas harian maka kucing akan membalas semua itu dengan hal yang luar biasa.

Catlovers harus bisa menjadi orang tua yang ideal untuk kucing peliharaan, memberikan semua kebutuhan yang diperlukan kucing dan memberi kucing kasih sayang. Demikian informasi mengenai tips memilih kucing peliharaan yang tepat, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Kucing Peliharaan yang Tepat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel