Tips Memudahkan Menyikat Gigi Kucing Peliharaan

Dalam merawat seekor kucing peliharaan, banyak sekali hal yang harus dilakukan. Mungkin beberapa catlovers hanya mengetahui perawatan umum seperti menyisir bulu kucing, membersihkan telinga kucing atau memandikan kucing. Salah satu perawatan kucing yang mungkin catlovers semua sering lupakan adalah menyikat gigi kucing.

Banyak orang sering mengabaikan untuk menyikat gigi kucing peliharaan, padahal menyikat gigi kucing itu termasuk perawatan yang penting untuk dilakukan. Menyikat gigi kucing kucing berguna untuk menjaga kebersihan gigi, mencegah karang gigi dan juga plak, serta juga mencegah kucing terkena penyakit peridontal.

Cara Menyikat Gigi Kucing

Selain beberapa hal tersebut, menyikat gigi kucing dengan teratur juga bisa mencegah timbulnya penyakit lain pada mulut kucing dan juga mencegah bau mulut, karena itulah banyak sekali manfaat menyikat gigi kucing yang ada dirumah. Fakta yang ada mengatakan bahwa menyikat gigi kucing adalah hal yang sangat penting dilakukan.

Beberapa alasan umum yang membuat catlovers tidak menyikat gigi kucing peliharaan mungkin adalah karena malas, tidak penting atau juga hal tersebut sulit untuk dilakukan. Jadi, bagi catlovers yang ingin mulai menyikat gigi kucing secara teratur bisa melakukan beberapa tips dibawah ini.

Cara Mudah Menyikat Gigi Kucing Peliharaan

Memijat Wajah Kucing

Pada awalnya, catlovers harus membiasakan untuk memijat wajah kucing dirumah. Hal ini dilakukan untuk membuat kucing terbiasa untuk disentuh wajahnya, ketika mereka mulai terbiasa maka kegiatan menyikat gigi kucing akan menjadi lebih mudah. Catlovers harus melakukan hal ini setiap hari, luangkan sedikit waktu sampai kucing merasa nyaman.

Bagian wajah kucing yang perlu catlovers berikan pijatan adalah bagian dagu dan rahang mereka. Lakukan pijatan ini dengan perlahan, yang berlangsung beberapa menit setiap harinya untuk membuat kucing merasa nyaman serta terbiasa dengan hal ini. Beberapa tips yang mungkin bisa membantu catlovers kemungkinan adalah:

  • Peganglah kepala kucing seperti sedang mendekap bola
  • Buatlah kucing merasa nyaman dengan posisi tersebut terlebih dahulu
  • Gunakan ibu jari untuk memijat kepala atau wajah kucing
  • Lakukan pemijatan pada dagu dan rahang dengan lembut

Memijat Gigi dan Gusi Kucing

Setelah kucing mulai terbiasa dengan pijatan yang diberikan pada wajah mereka, maka hal selanjutya yang harus catlovers lakukan adalah mulai memijat area gusi dan juga gigi kucing. Pemijatan ini berada pada bagian dalam mulut kucing, mulailah memijat bagian gigi kucing dan juga gusinya hingga mereka tidak merasa terganggu.

Menyikat Gigi Kucing dengan Mudah

Sama dengan pemijatan bagian wajah kucing, lakukan hal ini selama beberapa menit perhari supaya kucing menjadi terbiasa dengan kedua pemijatan tersebut. Ulangi semua proses pemijatan ini selama beberapa hari kedepan dan lihat respon yang diberikan oleh kucing. Beberapa tips yang mungkin bisa membantu catlovers  kemungkinan adalah:

  • Peganglah kepala kucing dengan tangan kiri dan tangan kanan untuk memijat bagian dalam mulut kucing
  • Gunakan jari telunjuk untuk memijat
  • Jangan lupa untuk melapisi jari telunjuk dengan kain lembut tipis atau tisu untuk latihan pembersihan

Memilih Sikat dan Pasta Gigi yang Sesuai

Pasta gigi dan juga sikat gigi kucing tentu saja akan berbeda dengan yang digunakan oleh manusia, karena itu jangan menggunakan perlengkapan manusia untuk kucing peliharan yang ada dirumah. Ukuran sikat gigi dewasa mungkin agak terlalu besar, namun untuk ukuran sikat gigi anak kecil kemungkinan masih bisa digunakan kucing untuk belajar menyikat pada pada awalnya.

Baca Juga : Perawatan Harian Kucing yang Wajib Dilakukan

Sebaiknya catlovers menggunakan pasta gigi dan juga sikat gigi khusus yang direkomendasikan untuk kucing. Selain ukuran sikatnya akan lebih sesuai dengan kucing, pasta gigi khusus ini kemungkinan juga tidak akan membahayakan kucing jika tertelan oleh mereka. Catlovers bisa membelinya di petshop atau marketplace online yang ada dengan harga yang bervariasi.

Biarkan Kucing Mencium Perlengkapan yang Digunakan

Indera penciuman kucing sangatlah peka untuk mengetahui kandungan dari sesuatu apakah aman untuk mereka konsumsi atau tidak. Misalkan saja ketika kucing mencium pembersih lantai, mereka tidak akan mencoba menjilatnya karena mereka rasa itu tidak bisa mereka konsumsi dan berbahaya (insting hewan).

Perlengkapan Sikat Gigi Kucing

Biarkanlah kucing catlovers mencium pasta gigi yang akan digunakan sebelum catlovers menyikat gigi mereka. Hal ini dilakukan supaya mereka merasa tidak asing dengan pasta gigi yang digunakan. Beberapa tips yang mungkin bisa membantu catlovers kemungkinan adalah:

  • Letakkan sedikit pasta gigi pada jari catlovers
  • Dekatkan pasta gigi tersebut kehidung kucing secara perlahan
  • Biarkan kucing mencium pasta tersebut
  • Jika respon baik, biarkan kucing menjilatnya jika mereka ingin

Lakukan dengan Perlahan dan tidak Terburu-buru

Catlovers harus melakukan semua proses yang ada ini dengan perlahan dan tidak perlu terburu-buru. Ketika kucing berontak karena mereka merasa tidak nyaman maka biarkan saha terlebih dahulu, cobalah untuk membuat kucing tenang dengan beberapa cara dan jika sudah catlovers bisa memulai kegiatan menyikat gigi yang dilakukan.

Baca Juga : Rekomendasi Vitamin dan Suplemen Kucing Bagus dan Murah

Kenyamanan dan kebiasaan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan dalam menggosok gigi kucing. Ketika sudah gagal sekali dan kucing tidak mau tenang kembali maka berikan jeda waktu untuk mereka, catlovers bisa melanjutkannya keesokan hari atau beberap jam kemudian untuk membuat kucing menjadi tenang kembali.

Lakukan hal ini secara bertahap dan jangan sampai lupa untuk perlahan, jangan pernah memaksakan kucing karena bisa membuatnya merasa trauma. Jika diperlukan lakukan pembelajaran perhari, dan tambahkan pembelajaran pada hari selankutnya supaya kucing menjadi lebih tenang dan cepat terbiasa dengan kegiatan tersebut.

Sikat Gigi Kucing Setiap Hari

Apabila catlovers sudah berhasil menyikat gigi kucing dengan melakukan semua langkah yang ada, maka hal selanjutnya adalah membiasakan kucing secara keseluruhan dengan kegiatan ini. Meski sudah berhasil menyikat gigi mereka, belum tentu mereka akan langsung terbiasa, karena itu buatkan jadwal menyikat gigi kucing setiap hari supaya mereka lebih terbiasa lagi.

Kebiasaan Menyikat Gigi Kucing

Catlovers bisa mencoba menyikat gigi kucing setiap hari pada awalnya, lalu ketika kucing sudah sangat terbiasa dan mudah melakukannya maka catlovers bisa mengurangi jadwal sikat gigi kucing. Misalnya 3 hari sekali atau menjadi seminggu sekali melihat kondisi peliharaan yang ada dirumah.

Baca Juga : Bahaya Paracetamol untuk Kucing Peliharaan

Banyak manfaat yang didapat dengan menyikat gigi kucing secara teratur, selain menghindarkan kucing dari berbagai macam penyakit gigi, catlovers juga menjadi lebih mengetahui kondisi kesehatan mulut kucing. Dengan begitu ketika ada permasalahan pada gigi mereka, catlovers bisa segera memberikan penanganan atau membawanya kedokter.

Gunakan Sistem Reward

Sistem reward banyak digunakan untuk membuat kucing menjadi lebih menurut dan lebih mudah terbiasa dengan sebuah pelatihan yang diberikan. Umumnya hal ini sering dilakukan pada anjing, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan pada kucing. Berikan pujian, belaian atau snack pada kucing ketika mereka selesai disikat giginya.

Pastikan melakukan hal ini ketika semua kegiatan selesai dilakukan, dengan begitu kucing akan menjadi mengingatnya serta bersemangat ketika catlovers menyikat gigi mereka. Kucing akan tahu jika selesai giginya disikat mereka akan mendapatkan sesuatu atau hadiah dari catlovers.

Menyikat gigi kucing dewasa terkadang akan lebih sulit daripada kucing yang masih kecil, hal ini dikarenakan kucing belu terbiasa dengan hal tersebut. Untuk mempermudah kegiatan menyikat gigi kucing, sebaiknya catlovers sudah membiasaknnya sejak dini, dengan begitu kedepannya kucing akan lebih mudah menerimanya.

Mendidik kucing yang masih kecil akan lebih gampang daripada kucing dewasa. Satu hal yang perlu catlovers ingat, lebih seringlah menyikat gigi kucing jika makanan utama kucing adalah makanan basah, karena banyak yang mengatakan bahwa makanan basah lebih mudah merusak gigi kucing. Demikian informasi kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memudahkan Menyikat Gigi Kucing Peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel