Mengetahui Inulin, Prebiotik yang Baik untuk Kucing

Apakah catlovers semua yang memelihara kucing dirumah sudah mengetahui tentang prebiotik? Jadi, prebiotik itu merupakan senyawa olgoskarida atau peptida yang tidak bisa segera dicerna, karena itu maka dalam saluran pencernaan menjadi mendukung pertumbuhan probiotik.

Salah satu prebiotik yang ada di saluran pencernaan kucing adalah Inulin. Inulin tidak dapat dicerna dengan cepat oleh usus, karena itu dibutuhkan bakteri baik untuk mencernanya. Inulin adalah suatu kelompok polisakarida yang terbentuk alami dan berasal dari berbagai macam tanaman seperti bawang putih, asparagus, bunga dahlia, yacon, dan beberapa tanaman lainnya.

Prebiotik untuk Kucing

Beberapa tanaman tersebut memiliki kandungan inulin mulai dari 10-35 gr/100gr dengan kandungan paling banyak terdapat pada yacon dan paling sedikit ada pada bunga dahlia. Umunya inulin digunakan oleh tanaman untuk menyimpan energi dan bisa ditemukan pada akar mereka. Lalu, apa hubungan inulin dengan kucing?

Inulin merupakan prebiotik baik yang membantu proses kesehatan saluran pencernaan dan juga menjaga daya tahan tubuh. Inulin tidak hanya terdapat pada tumbuhan saja, melainkan juga terkandung dalam buah seperti pisang. Inulin sangatlah berpengaruh pada sistem pencernaan karena mengandung banyak serat, selain itu inulin juga bagus untuk proses perkembangan kucing.

Baca Juga : Bolehkah Memandikan Anak Kucing yang Baru Lahir?

Seperti yang catlovers ketahui, kucing adalah karnivora sejati. Karena mereka adalah karnivora, maka sistem pencernaannya didesain khusus untuk leih efisien dalam memproses dading menjadi energi. Kandungan asam yang tinggi pada tubuh kucing mampu untuk menghancurkan daging dengan cepat daripada manusia.

Sistem pencernaan kucing itu terdiri dari kelenjar pencernaan dan juga organ pencernaan yang berawal dari rongga mulut sampai dengan anus. Lambung kucing memiliki ukuran relatif besar untuk menyimpan makanan dalam jumlah banyak. Bagian kanan lebih besar dengan bentuk membulat sedangkan bagian kiri lebih kecil yang berbentuk silinder.

Lambung Bagian Kiri pada Kucing

Ketika lambung kucing terisi penuh, maka lambung tersebut akan secara otomatis bergerak secara piriform. Akan tetapi ketika lambung kucing kosong atau hanya mendekati kosong, maka bagian kiri dari lambung kucing akan berkontraksi dengan kuat. Usus halus milik kucing dibagi menjadi tiga bagian, yaitu duodenum, jejunum dan ileum.

Duodenum berada pada urutan pertama di bagian usus halus dan memiliki ukuran paling pendek diantara lainnya dan posisinya terletak setelah pilorus. Berbeda dengan duodenum, jejunum memiliki ukuran paling panjang diantara bagian usus halus. Sedangkan untuk ileum merupakan bagian akhir dari usus halus yang berjalan sepanjang sekum serta merupakan awal dari usus besar.

Baca Juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Kucing yang Masih Kecil

Rata-rata panjang usus besar kucing adalah 60-75cm. Sekum merupakan bagian dari usus besar yang memiliki panjang 12.5 – 15 cm. Gerakan fleksor sekum dupertahankan oleh peritonium yang menempel pada ileum. Kolon juga bagian dari usus besar yang dibagi menjadi 3 bagian, yaitu ascending (naik), transverse (melintang) dan descending (turun).

Bagian ascending memiliki ukuran yang sangat pendek, ujung kolon bagian ascending yang membelok ke kiri dan melintasi bidang median perut kucing disebut dengan kolon bagian transverse. Untuk kolon bagian descending letaknya condong kearah bidang median perut kucing yang kemudian dilanjutkan dengan rektum.

Saluran Pencernaan Kucing

Dari penjelasan mengenai sistem pencernaan kucing yang mungkin agak rumit bagi saya pribadi dan catlovers diatas, maka tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Sistem pencernaan kucing memang agak berbeda dengan yang lain, dan maka dari itu inulin menjadi sangat penting untuk mereka.

Baca Juga : Rekomendasi Vitamin dan Suplemen Murah untuk Kucing

Kucing yang mengkonsumsi prebiotik tentu akan memiliki efek yang positif seperti mencegah diare karena dapat melawan rotavirus, menstimulasi sistem imun, mencegah usus membengkak, membantu mengatasi alergi yang terjadi pada kucing, menurunkan resiko kanker kucing, menurunkan kadar kolesterol kucing, mencegah infeksi patogen di saluran pernapasan kucing dan masih banyak lainnya.

Dari sekian banyak manfaat tersebut, wajar saja jika produk yang memiliki kandungan prebiotik untuk kucing memiliki harga yang tergolong mahal. Catlovers yang memelihara kucing tentu harus mempertimbangkan hal ini, yang jelas kesehatan kucing adalah nomor satu. Demikian informasi mengenai prebiotik inulin untuk kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Inulin, Prebiotik yang Baik untuk Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel