Tips Mengatasi Kucing yang Pilih-pilih Makanan

Membahas mengenai makanan, tentunya catlovers semuanya pasti memiliki makanan favorit yang disukai. Hal ini juga sama dengan kucing peliharaan yang ada dirumah. Ada beberapa kucing yang cenderung suka dengan makanan tertentu dan tidak menyukai makanan lainnya, bisa dikatakan kucing pilih pilih makanan.

Kucing pemilih makanan pasti akan menjadi sedikit lebih rewel dengan makanan yang diberikan daripada kucing lain pada umumnya. Karena mereka pemilih makanan maka seringkali kucing ini akan memilih tidak mau memakan makanan yang diberikan pada mereka jika tidak benar-benar merasa lapar.

Kucing Pilih2 Makanan

Karena sifat keras kepala yang dimiliki kucing ini, terkadang pemilik kucing pun menjadi merasa kesal karena sudah terlanjur membeli makanan dalam jumlah banyak namun kucing tidak mau memakannya sama sekali. Selain itu, pemilik kucing pun juga pasti akan merasa bingung harus memberikan makanan apa untuk kucing tersebut.

Kucing yang suka memilih makanan yang diberikan ini tidak terjadi tanpa alasan, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal seperti ini terjadi pada kucing tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasi kucing yang suka pilih pilih makanan ini? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa yang Menyebabkan Kucing Pilih-pilih Makanan?

Menurut informasi yang didapatkan berdasarkan ahli gizi dan juga penelitian yang ada, beberapa faktor penyebab kucing menjadi pemilih makanan adalah pola makan yang diberikan oleh pemilik kucing ketika mereka masih ktten (kucing masih kecil) yang berganti-ganti dan juga beraneka ragam.

Kucing yang diberikan makan dengan berbagai jenis makanan akan cenderung lebih suka mencoba sesuatu yang baru. Sedangkan untuk kucing yang diberikan makanan yang sama dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan mereka terlalu bergantung pada makanan tersebut dan akhirnya tidak mau memakan makanan lainnya.

Penyebab Kucing Pemilih Makanan

Hal tersebut tidak terjadi pada semua kucing, karena beberapa kucing yang diberikan makanan yang sama dalam waktu yang lama juga bisa merasa bosan. Ketika kucing sudah bosan dengan makanan yang diberikan, maka kucing pun akan menginginkan makanan baru dengan rasa dan juga aroma yang berbeda.

Kebiasaan kucing pilih pilih makanan juga bisa disebabkan karena kucing merasa mereka tidak begitu lapar. Misalnya adalah kucing rumahan yang tidak begitu membutuhkan energi karena aktivitas yang minim, karena inilah mereka menjadi bosan dan menginginkan pola pergantian makanan yang lebih sering dari kucing pada umumnya.

Baca Juga : Apakah Boleh Memandikan Anak Kucing yang Baru Lahir?

Selalu perhatikan dan pelajari semua perilaku serta kebiasaan kucing catlovers semuanya. Jika kucing mendadak mengalami penurunan nafsu makan pasti ada sesuatu yang salah. Gejala sakit kucing bisa saja tidak terlihat, jadi dengan mengetahui kebiasaan mereka makan akan sangat membantu dalam hal ini.

Kucing dan Rasa Makanan yang Diberikan

Tidak seperti kebanyakan hewan peliharaan lainnya, kucing tidak akan mencari makanan yang memiliki rasa manis atau asin. Mereka akan suka dan juga menikmati rasa protein dan asam amino yang terkandung pada makanan yang diberikan. Umumnya kucing akan lebih menyukai makanan dengan kadar air yang tinggi seperti wet food.

Rasa Makanan Kucing

Namun hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti karena sudah pasti mereka juga akan suka dengan dry food dan terbiasa dengan teksturnya. Apa alasan kucing suka pilih pilih makanan? Mungkin karena mereka bisa merasakan semua rasa kecuali manis yang ada pada makanan yang diberikan.

Kucing sudah bisa dipastikan bisa merasakan pahit, karena itulah sangat sulit untuk memberikan obat dengan rasa pahit pada mereka. Selain itu, dikatakan kucing juga memiliki reseptor khusus yang bisa membedakan mana makanan alami dan yang mengandung bahan kimia. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan kucing suka memilih makanan.

Baca Juga : Perawatan Harian Kucing yang Wajib Dilakukan

Secara umum kucing bisa memiliki selera makan tertentu yang membuat mereka hanya tertarik pada satu makanan dan menjadikannya makanan favorit mereka. Selera ini terbentuk karena rasa suka mereka mulai dari rasa, tekstur makanan dan beberapa hal lain. Karena kucing memiliki makanan yang disukai tentu saja mereka juga memiliki makanan yang tidak disukai.

Meski kelihatanya semua kucing sangat suka dengan daging sapi, namun diantara banyaknya kucing tersebut pasti ada salah satu yang tidak menyukainya. Sama halnya dengan biskuit, beberapa kucing terkadang ada yang suka dengan biskuit, namun beberapa kucing juga tidak. Biskuit pun tidak memiliki unsur daging, jadi ini tidak termasuk makanan kucing.

Baca Juga : Beberapa Hal yang Menyebabkan Mata Kucing Berair

Mereka tidak merasakan hanya dengan lidahnya, namun sebelum makan mereka akan menggunakan penciumannya terlebih dahulu. Kucing akan lebih tertarik dengan makanan yang beraroma kuat seperti ikan, karena itu kucing sangat suka dengan wet food yang beraroma kuat dan memiliki kadar air yang banyak.

Solusi Mengatasi Kucing Pemilih Makanan

  • Biasakan kucing memakan berbagai jenis makanan
  • Cobalah mengganti makanan kucing
  • Berikan makanan yang tidak hanya lezat dan beraroma kuat, tapi juga memiliki nutrisi yang lengkap
  • Gantilah makanan kucing secara bertahap dengan transisi yang sesuai
  • Lakukan selingan makanan antara kering dengan makanan basah seminggu atau dua minggu sekali
  • Jika kucing tidak mau makan maka biarkan saja terlebih dahulu
  • Berikan aturan makanan pada mereka (habis atau tidak ambil dalam waktu 30 menit)
  • Berikan suplemen penambah nafsu makan pada kucing
  • Berikan vitamin untuk menjaga kesehatan kucing
  • JIka sendirian, berikan mereka teman bermain (kucing peliharaan lainnya)
  • Berikan suasana baru untuk kucing (tampilan kandang atau tempat makan baru)

Jika catlovers mengetahui beberapa tips, silahkan berbagi pada kolom komentar dibawah. Itulah beberapa informasi mengenai kucing yang pilih-pilih makanan mulai dari penjelasan dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Kucing yang Pilih-pilih Makanan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel