Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik

Makanan yang diberikan pada kucing peliharaan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena nutrisi yang ada pada makanan tersebut menjadi faktor penting dalam menentukan perkembangan kucing dan juga kesehatan kucing itu sendiri, karena hal inilah terkadang catlovers pun sering bingung untuk menentukan makanan mana yang harus diberikan pada kucing.

Umumnya makanan kering atau dry food seringkali dijadikan sebagai makanan utama kucing peliharaan, namun ada juga catlovers yang menggunakan wet food atau raw food sebagai makanan utama kucing mereka. Dari beberapa jenis makanan kucing, ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dan semua makanan tersebut juga diproduksi oleh beberapa brand yang berbeda.

Tips Memilih Makanan Kucing

Sama halnya dengan jenis makanan kucing yang ada, beberapa merk makanan kucing juga memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Hal ini bisa dinilai dari banyak faktor mulai dari harga makanan kucing, kandungan nutrisi yang ada dalam makanan kucing, bahan yang digunakan dan juga usia merk yang juga berpengaruh.

Dengan banyaknya merk makanan kucing yang dijual ini, seringkali catlovers bingung untuk menentukan akan menggunakan merk apa. Lalu, bagaimana cara memilih makanan kucing terbaik untuk kucing peliharaan yang ada dirumah? Banyak faktor yang bisa menentukan hal tersebut, supaya catlovers lebih jelas silahkan simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Perubahan Siklus Hidup Kucing

Berubahnya siklus hidup kucing ini sangat berkaitan dengan pola makan dan juga hidup kucing itu sendiri, jadi hal ini juga mempengaruhi makanan untuk kucing. Dulu, kucing termasuk dalam hewan liar. Mulai beberapa ribu tahun yang lalu baru kucing didomestikasi (penjinakan hewan liar menjadi hewan peliharaan), mulai dari sinilah perubahan terkait makanan mereka juga berubah.

Perubahan Siklus Hidup Kucing

Bersama dengan proses yang didomestikasi, manusia telah banyak memberikan perubahan pada pola hidup dan juga fisik (rupa) dari hewan ini. Hidup kucing pun menjadi lebih mudah karena makanan mereka selalu tersedia dan mudah didapatkan. Kualitas makanan meningkat dan kucing pun bebas dari predator.

Baca Juga : Perawatan Harian Kucing yang Wajib Dilakukan

Hasil yang didapatkan adalah kualitas serta harapan hidup kucing domestik meningkat jika dibadingkan dengan nenek moyang mereka yang hidup di alam liar dengan berbagai resiko. Selain itu, energi yang dibutuhkan kucing domestik juga semakin berkurang karena mereka tidak perlu lagi berburu dan menghindari pemangsa.

Pentingnya Nutrisi pada Makanan Kucing

Dari perubahan siklus hidup kucing yang disebutkan diatas, ada dua perubahan yang terjadi, yaitu proses mencari makan yang lebih mudah dan juga energi kucing yang menjadi lebih sedikit untuk dikeluarkan. Karena perubahan itulah maka kucing pun jadi membutuhkan penyesuaian makanan yang tepat untuk mencegah obesitas.

Makanan Kucing Bernutrisi

Tidak hanya itu saja, kucing juga membutuhkan makanan yang memiliki nutrisi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ketika kebutuhan nutrisi kucing ini terpenuhi maka kucing akan menjadi lebih sehat, makanan dengan kualitas baik dan lengkap dapat mengurangi penyakit terkait nutrisi kucing serta meningkatkan harapn hidup kucing.

Baca Juga : Siklus Umur Kucing Selama Mereka Hidup

Jika makanan yang diberikan pada kucing tidak memiliki nutrisi yang mencukupi kebutuhan kucing maka bisa jadi kucing akan mengalami gangguan nutrisi. Makanan dengan nutrisi lengkap dan seimbang sangat penting untuk kehidupan kucing, hal ini terbukti dengan masa hidup kucing peliharaan yang lebih panjang daripada kucing liar yang makan seadanya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Makanan Kucing

Setelah catlovers mengetahui betapa pentingnya makanan bernutrisi untuk kucing, maka hal selanjutnya yang perlu catlovers ketahui adalah tips memilih makanan terbaik untuk kucing peliharaan yang ada dirumah. Apa saja hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih makanan kucing yang baik?

Ketahui Kebutuhan Kucing

Kebutuhan makanan kucing tergantung dari jenis kucing itu sendiri, hal ini bisa meliputi usia, jenis ras, ukuran kucing, aktivitas yang dilakukan kucing, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, status steril (kebiri), serta kebutuhan tambahan mereka yang harus dipenuhi. Setiap kucing dalam kategori tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi makanan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Ketahui Kandungan Nutrisinya

Selain kebutuhan kucing, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah kandungan nutrisi yang ada pada makanan tersebut. Catlovers harus memastikan makanan yang diberikan pada kucing memiliki kandungan yang baik untuk kucing. Beberapa kandungan yang diperlukan antara lain adalah energi, protein, asam amino, vitamin, mineal, asam lemak, karbohidrat dan juga serat.

Ketahui Kandungan Taurine

Menurut informasi yang ada kucing termasuk kedalam karnivora obligat, artinya kucing memerlukan makanan dengan kandungan protein tinggi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan asam amino mereka. Salah satu asam amino vital yang kucing butuhkan dari makanan harian mereka adalah taurine, jadi catlovers harus selalu memperhatikan hal ini.

Beberapa Kesalahan Pemberian Makan pada Kucing

Untuk melengkapi pembahasan mengenai makanan kucing ini maka catlovers juga harus mengetahui beberapa kesalahan dalam memberikan makanan pada kucing peliharaan yang mungkin catlovers juga pernah melakukannya. Pemberian makan yang salah (tidak seimbang) pada kucing bisa menyebabkan beberapa masalah terkait kesehatan mereka lo catlovers.

Makanan Kucing yang Salah

Misalkan seperti kucing peliharaan umum yang dipelihara oleh ibu rumah tangga, kucing ini sering diberikan makanan rumahan seperti daging cincang saja. Hal tersebut bisa menyebabkan kucing terkena defisiensi kalsium dan juga hiperparatiroid sekunder. Begitu juga ikan air tawar mentah yang bisa menyebabkan defisiensi thiamine pada kucing peliharaan.

Baca Juga : Kesalahan Pemberian Makan Kucing yang Sering Terjadi

Beberapa masalah terkait makanan juga sering terjadi karena pemilik kucing mengakali makanan untuk kucing supaya lebih ekonomis, hal ini terkadang membuat pemilik kucing memberikan makanan anjing untuk kucing dirumah. Kebutuhan nutrisi anjing akan berbeda dengan kucing, karena itu jika makanan anjing diberikan pada kucing maka ada kemungkinan masalah akan terjadi.

Makanan anjing memiliki kandungan yang tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi kucing dari segi vitamin A dan juga taurine. Selain itu kucing juga membutuhkan asupan lemak, protein, dan beberapa vitamin lain yang lebih tinggi daripada anjing, karena itulah makanan anjing tidak cocok jika diberikan pada kucing.

Catlovers harus bijak dalam memberikan makan pada kucing peliharaan, jangan sampai makanan yang diberikan malah menyebabkan masalah pada kucing dirumah. Sesuaikan semua hal terkait makanan yang diberikan pada mereka, dengan begitu kucing akan menjadi sehat dan biaya pengobatan pun menjadi tidak ada.

Makanan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kucing dalam berbagai hal mulai dari kesehatan, perkembangan, dan lainnya, Jadi, untuk kucing kesayangan jangan pernah coba-coba. Demikian informasi mengenai tips memilih makanan kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel