Cara Mengetahui Karakter Kucing Peliharaan

Dalam memelihara kucing, banyak sekali hal yang harus catlovers pahami. Hal ini mulai dari perawatan yang bisa diberikan pada kucing peliharaan, kebiasaan mereka, penyakit yang sering terjadi dan karakter kucing tersebut. Meski terlihat sama, namun semua kucing yang ada ini belum tentu akan memiliki karakter yang sama juga ya catlovers.

Dalam dunia kucing, mereka akan berkomunikasi dengan menggunakan suara, bau dan juga gerakan (gestur tubuh). Kucing mencoba melakukan komunikasi dengan cara ini pada sesama kucing, hewan lain dan juga manusia. Namun karena manusia kurang mengerti hal ini, jadi tentu saja akan sulit untuk memahami apa yang kucing maksudkan.

Tips Mengetahui Karakter Kucing

Bagi catlovers yang memelihara kucing tentu saja harus memahami pergerakan kucing supaya catlovers bisa mengetahui kondisi kesehatan kucing serta beberapa hal lain dengan cepat. Hal ini mungkin akan sulit bagi orang yang awal memelihara kucing, namun ketika sudah terbiasa dan mengetahui kebiasaan mereka mungkin ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Kucing pasti akan memberikan sinyal atau kode untuk memberitahukan sesuatu, namun catlovers semua mungkin tidak bisa memahami sepenuhnya apa yang ingin mereka sampaikan. Beberapa penelitian pun telah dilakukan, dan hal ini bisa membantu catlovers semua untuk mengerti bahasa tubuh kucing dan mengetahui karakter mereka.

Cara Mencari Tahu Karakter Kucing Peliharaan

Sebagai orang yang memelihara kucing, catlovers harus jeli dalam melihat ekspresi yang diperlihatkan kucing. Beberapa anggota tubuh yang sering kucing gunakan untuk mengekspresikan perasaan mereka adalah mata, ekor, telinga dan juga tubuh. Jadi mari pahami karakter kucing dari ekspresi tersebut.

Karakter Kucing Menurut Gerak Tubuh Kucing

Kucing Berkedip

Kucing berkedip itu menandakan bahwa kucing sedang merasa senang atau bisa saja sedang menikmati kondisi santai. Berkebalikan, jika pupil mata kucing mengecil maka ada kemungkinan kucing sedang stress.

Kucing Menatap Tanpa Berkedip

Hal ini menandakan kucig sedang berusaha untuk mengintimidasi lawan mereka. Rasa percaya diri yang dimiliki kucing itu tinggi dan mereka sering melakukan hal ini, jadi ketika kucing sedang melakukan hal ini sebaiknya catlovers tidak mengganggu mereka.

Pupil Kucing Membesar

Hal ini menandakan bahwa kucing sedang ketakutan atau sedang merasa penasaran karena keadaan ruangan tempat tinggal mereka menjadi kurang cahaya atau terlalu gelap.

Telinga Kucing Melipat Kesamping

Hal ini menandakan bahwa kucing siap untuk melindungi diri dari bahaya atau serangan dan juga merupakan tanda jika kucing akan tunduk serta patuh pada lawan yang mereka hadapi.

Telinga Kucing Bergerak Kebelakang

Hal ini menandakan bahwa kucing sedang marah dan siap menyerang jika ada lawan yang mereka hadapi. Ketika kucing melakukan hal ini biasanya kucing juga akan mengeluarkan suara berupa desisan dari mulutnya.

Ekor Kucing Tegak Lurus Keatas

Hal ini menandakan bahwa kucin sedang santai atau bergembira

Ekor Kucing Tegak Lurus Keatas dengan Ujung Melengkung

Hal ini menandakan bahwa kucing sedang dalam kondisi waspada terhadap sesuatu

Ekor Kucing Masuk di antara Kaki serta Bulunya Mengembang

Hal ini menadakan kucing sedang ketakutan atau sedang terkejut.

Ujung Ekor Kucing Bergerak Lambat

Perilaku ini menandakan bahwa kucing sedang konsentrasi penuh dengan apa yang mereka lihat atau lakukan.

Ujung Ekor Kucing Bergerak Cepat

Perilaku ini menandakan bahwa kucing merasa terganggu dengan objek yang sedang kucing perhatikan, misalnya kucing lain yang sedang mendekati mereka.

Ekor Tegak dan Bulunya Mengembang

Perilaku ini menandakan bahwa kucing sedang diperhatikan atau objek yang mereka lihat lebih besar dari tubuh mereka sendiri. Hal tersebut menandakan kucing memberikan peringatan supaya objek tidak mendekatinya atau menyuruh mereka mundur.

Ekor Kucing Berayun Kekanan dan Kekiri

Perilaku ini menandakan bahwa kucing sedang merasa nyaman dan senang oleh sesuatu, misalnya kucing lain atau manusia.

Kucing Menempelkan Badan pada Manusia atau Kucing Lain

Perilaku ini menandakan bahwa kucing menginginkan perhatian (cari perhatian = caper) dan pada kondisi ini mereka sangat bersahabat. 

Itulah beberapa informasi cara memahami karakter kucing berdasarkan kebiasaan mereka. Dengan membaca semua hal diatas tentunya catlovers akan lebih bisa memahami karakter kucing peliharaan yang ada dirumah bukan? Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan catlovers semuanya. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Karakter Kucing Peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel